GuidePedia

0
Hiu memiliki persediaan gigi yang tak terbatas. (Getty Images)

Sepertinya banyak orang yang terpesona oleh gigi hiu. Sebenarnya ada berapa jumlah gigi hiu?

Berita tentang sejumlah serangan hiu terhadap wisatawan di pantai kerap terdengar. Setiap kali mendengar atau membaca berita tersebut, kita seringkali memiliki banyak pertanyaan yang berkecamuk tentang mereka, terutama gigi mereka .

Pasokan yang tak pernah berakhir.

Bukankah lebih baik jika gigi kita dapat diganti sendiri setiap kali kita membutuhkan satu set gigi baru? Tidak ada tambal gigi, tidak ada gigi palsu, tidak ada perekat gigi tiruan lagi. Itulah yang terjadi pada hiu.

Bahkan, beberapa hiu mengganti gigi mereka setiap beberapa minggu. Jadi jawaban untuk pertanyaan bagaimana berapa banyak gigi tidak hiu memiliki cukup mudah... sebanyak yang mereka butuhkan!

Sebuah mulut yang penuh gigi

Sementara itu, jumlah gigi di mulut hiu umumnya berkisar sekitar 20-30 buah, tergantung pada jenis spesies. Banyak spesies hiu yang terus menghasilkan gigi sepanjang hidup mereka sehingga tak pernah kehabisan gigi.

Gigi dalam mulut hiu yang berbaris-baris, seperti kursi di teater. Urutan gigi baris terluar hingga ke dalam hiu berfungsi untuk meraih, memotong, atau menghancurkan mangsa mereka (fungsinya bervariasi antar spesies). Kemudian, ketika gigi baris terluar telah usang dan tanggal, baris berikutnya langsung menggantikan mereka.

Ini adalah proses yang terjadi terus menerus sepanjang hidup hiu, dengan gigi yang diganti lebih sering, hiu pun memangsa lebih aktif.

Pernah melihat gigi hiu dari dekat? Jika demikian, Anda termasuk dalam kelompok minoritas yang sangat kecil. Di luar semua perhatian yang mereka terima dalam berita beberapa minggu terakhir, serangan hiu terhadap manusia sebenarnya cukup langka. Mereka umumnya tidak lebih bersemangat untuk bertemu kita daripada kita bertemu dengan mereka

Meski begitu, jangan pernah mengambil resiko yang membahayakan nyawa! Tetaplah waspada ketika Anda sedang berenang di daerah yang sering dikunjungi oleh hiu.

(Lutfi Fauziah/Sumber: enature.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?