GuidePedia

0

Yamaha menciptakan Motobot, sebuah robot yang mampu memacu sepeda motornya di mana saja, termasuk di sirkuit balap.


Motobot, robot pengendara motor (Yamaha via CNN Indonesia)

Yamaha menciptakan Motobot, sebuah robot yang mampu memacu sepeda motornya di mana saja, termasuk di sirkuit balap. Motobot diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show pekan terakhir Oktober 2015. 

Rupanya robot ini adalah visi Yamaha untuk konsep kendaraan otonom. “Berkendara secara otomatis tanpa modifikasi di sepeda motor berpotensi memberikan kami pendekatan lain dalam kendaraan yang bisa beroperasi sendiri,” kata Hiro Saijou, Chief Executive Yamaha Motor Ventures and Laboratory, seperti dikutip media, Jumat (30/10). 

Untuk mengawali proyek robot itu, Yamaha telah mengirimkan stafnya ke Silicon Valley pada Mei 2014 dan secara resmi membuka laboratorium pada Agustus lalu. 

“Kami ingin punya potensi membuat semua kendaraan jadi otonom, tak hanya sepeda motor,” kata Saijou. “Dan robot otonom yang mengendarai sepeda motor adalah yang paling menantang dan konsep yang luar biasa.” 

Motobot sendiri baru pada tahap konsep. Pada kecepatan di bawah 3 mph, ia masih tak stabil. Tim yang menggarap proyek itu sendiri hanya berjumlah lima orang. 

Versi pertama yang dipamerkan di Tokyo dioperasikan dengan pengendali jarak jauh. Versi berikutnya diklaim bakal 100 persen otonomi, dikontrol oleh GPS dan sensor.

(Sumber : CNN Indonesia)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top