GuidePedia

0

Mulutmu adalah harimaumu, Jika tidak ingin kena masalah maka kita juga harus memperhatikan apa yang akan kita ucapkan. Karena apabila kata-kata kita menyinggug orang lain, tentu akan akan membawa masalah tersendiri dan bisa-bisa berbuntut panjang dan melibatkan pihak kepolisian.

Beberapa artis Indonesia berikut ini pernah mengalami hal itu. Diduga mereka melakukan penghinaan terhadap salah satu suku bangsa di Indonesia akibatnya mereka harus menerima panggilan kepolisian untuk dimintai keterangan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Cita Citata

Pedangdut pendatang baru Cita Citata pernah berhadapan dengan segenap rakyat Papua yang merasa terhina dengan pernyataannya di sebuah acara televisi. Dalam acara tersebut nampak Cita mengenakan pakaian adat Papua. Kemudian ia mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan dan dianggap sebagaia penghinaan.


“Ada satu event Cita memakai baju etnik, tapi ada statment ‘aku cantik gak, nggak kaya orang Papua kan’. Saudara kita di Papua merasa di tersakiti,” kata Deddy J. Syamsudin, kuasa hukum kepala suku Papua. Cita Citata akhirnya mengklarifikasi hal itu dan meminta maaf lewat instagram.


2. Julia Perez

Siapa sangka kedatangannya dalam sebuah acara televisi bertemakan komedi membuatnya terseret dalam kasus hukum. Artis yang akrab dipanggil Jupe tersebut, dilaporkan ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik dan pelecehan lagu “Situmorang Na Bonggal”.



Kasus ini terjadi sekitar bulan juni tahun 2014 yang lalu dan dilaporkan sendiri oleh sang pencipta lagu, Andar Situmorang. “Saya sebagai pemegang hak cipta, mereka pakai tanpa izin menyanyikan untuk komersil. Lalu penghinaan dan pelecehan terhadap marga Situmorang sedunia,” ujar Andar.


3. Nikita Mirzani

Jika berbicara tentang Nikita Mirzani mungkin tidak akan lepas dari sensasi dan kontroversi yang kerap menyelimutinya. Artis cantik yang sempat merasakan jeruji besi itu, pernah dihujat habis-habisan lantaran ucapannya diduga melecehkan orang Lampung.


Hal itu terjadi saat ia memiliki masalah dengan mantan kekasihnya Kiki The Poters. Niatnya ingin menjelek-jelekan Kiki tapi malah membawa-bawa Lampung yang merupakan tempat kelahiran Kiki The Poters.


4. Eko Patrio

Bersamaan dengan dilaporkannya Julia Perez atas tuduhan pelecehan terhadap marga Situmorang, Nama Komedian Eko Ptrio juga masuk dalam deretan artis yang dilaporkan oleh Andra Situmorang. Awalnya Eko Patrio bersama rekan-rekannya ngelawak dan membawa-bawa lagu ciptaan Andra situmorang tapi mengubah liriknya. liriik terakhir yang seharusnya berbunyi `Situmorang, Ala Situ Ala Rude` diplesetkan menjadi ‘Situ monyet atau orang’.


Mengetahui hal itu segenap masyarakat yang menyandang Marga Situmorang merasa tersinggung. Diwakili oleh Andra Situmorang, beberapa nama artis termasuk juga Qomar dilaporkan ke pihak kepolisian. Bahkan laporan tersebut juga sampai ke meja DPR karena saat itu Eko masih menjabat sebagai salah satu anggota DPR RI.

Ituah empat artis yang pernah bermasalah karena ucapannya. Memang mereka tak sengaja dan tidak berniat menghina apalagi melecehkan salah satu suku di Indonesia, tapi bagi orang lain yang merasa terhina tentu hal tersebut sangatlah serius.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?