GuidePedia

0


Daun sirih tanah atau di kenal dengan juga nama daun karuk dalam bhs ilmiahnya dimaksud dengan Piper sarmenthosum Roxb. Ex. Hunter, tanaman yang termasuk juga dalam famili tumbuhan Piperaceae ini kaya dengan kandungan kimia seperti saponin serta polifenol, flavonoida serta minyak atsiri. Dalam penyembuhan dengan cara tradisional sisi tanaman yang dipakai yaitu akar, daun serta buah.

Daun tanaman ini mempunyai manfaat juga sebagai peluruh lendir, akarnya bermanfaat peluruh seni serta batu empedu. Diluar itu bisa dipakai untuk obat asma, sulit kencing, sakit perut, malaria, nyeri tulang, nyeri gigi serta panu.

Tanaman ini dengan cara tradisional bisa dipakai dengan peroral atau temaal. Juga sebagai jamu yang diminum maupun juga sebagai bahan olesan pada tubuh yang sakit. langkah pemakaiannya juga simpel seperti obat tradisional yang lain.

1. Obat alami Sulit kencing

Akar fresh karuk dicuci serta di rebus dengan 3 gelas air sepanjang 25 menit, sesudah dingin disaring. Lantas diminum pagi serta sore.

2. Obat alami asma

Daunkaruk 6 lembar dicuci, dihaluskan, lalu seduh dengan air panas 1/2 gelas, dinginkan untuk diminum satu hari 2 x.

3. Obat tradisional Sakit perut

Buah karuk 1-3 biji di rebus lalu disaring, dinginkan untuk diminum.

4. Obat alami malaria

akar karuk di rebus dalam anggur saring lantas diminumkan pasien malaria.

5. Obat alami Batuk, asma, nyeri gigi

akar segar ditumbuk halus seduh dengan air panas satu cangkir sepanjang sebagian waktu, hangat-hangat diminum, 1 hingga 5 kali satu hari bergantung tingkat keparahan penyakit.

6. Obat alami yang mujarab untuk nyeri tulang serta panu

Daun karuk ditumbuk halus lantas ditempelkan atau dioles-oleskan di bagian yang sakit.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?