GuidePedia

0

Sudah merasakan kecepatan dari jaringan 4G LTE? Jangan berpuas hati dulu. Bahkan sebaiknya Anda bersiap untuk koneksi jaringan internet yang lebih cepat dengan kecepatan 5G. Divisi jaringan Huawei bekerja sama dengan operator seluler Jepang, NTT DoCoMo untuk melakukan tes lapangan pada layanan wireless 5G di Jepang. Dengan menggunakan gelombang di bawah 6 GHz, baik Huawei dan NTT DoCoMo mampu meraih kecepatan data tertinggi, yaitu 3.6 Gbps. Yang membuat uji coba ini penting adalah bahwa gelombang yang digunakan secara realistis bisa digunakan di dunia nyata. Sementara tes 5G lainnya, seperti yang dilakuan oleh Nokia dan Samsung menggunakan gelombang yang memerlukan pembangunan infrastruktur baru.

Tes lapangan Huawei dan NTT DoCoMo juga telah dilaksanakan di alam bebas, di luar laboratorium yang antiseptik. Menurut perkiraan, industri wireless bakal bisa menggunakan teknologi 5G ini pada tahun 2020 mendatang, meskipun sebelumnya Verizon berkoar bahwa mereka mampu memberikan layanan 5G pada tahun 2017, yang diklaim oleh Roger Gurnani, salah satu petinggi Verizon di bidang pengembangan informasi dan teknologi.

Menurut ITU, kecepatan 5G akan membuat smartphone atau perangkat internet Anda mampu menjalankan transfer data dengan kecepatan 20 Gbps. Sebagai perbandingan, tes kecepatan pada jaringan 4G Verizon menunjukkan bahwa Motorola Droid Turbo mampu melakukan download dengan kecepatan data 33 Mbps. Dengan menggunakan teknologi 5G, mengunduh data besar, seperti film bisa dilakukan hanya dalam sekejap mata saja.

Terlepas dari uji coba Huawei dan NTT DoCoMo, Verizon menyebutkan bahwa mereka akan melakukan uji coba 5G di tahun depan dengan melibatkan nama-nama besar di bidang telekomunikasi dan teknologi, seperti Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm dan Samsung.

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top