GuidePedia

0

Kesimpulan ini didapatkan melalui riset terhadap lebih dari 12.700 perempuan.© Shutterstock

Orang tua mungkin kerap melarang Anda mengolet. Ternyata menurut riset terbaru, aktivitas yang umum dilakukan saat bangun tidur ini menyehatkan.

Dilansir Mirror, menggoyang dan menggerakkan tubuh saat duduk dapat mengurangi efek buruk akibat terlalu lama duduk, termasuk memperpanjang usia Anda.

Kesimpulan ini didapatkan melalui riset yang dilakukan di Inggris terhadap lebih dari 12.700 perempuan. Periset menemukan bahwa terlalu lama duduk meningkatkan risiko kematian. Mengolet adalah penawarnya.

"Diperlukan riset lebih lanjut. Namun temuan kami menimbulkan pertanyaan mengenai asosiasi negatif seputar mengolet. Misal bahwa itu adalah sikap yang kasar atau mengurangi konsentrasi. Di sisi lain, gerakan sederhana itu dapat menguntungkan bagi kesehatan," ujar periset Profesor Janet Cade dari University of Leeds.

Cade dan tim menggunakan data dari U.K. Women's Cohort Study yang mencakup informasi dari ribuan perempuan tentang gaya hidup dan kebiasaan mereka. Periset mengelompokkan mereka ke dalam tiga grup berdasarkan frekuensi mengolet. Jarang, cukup sering, dan sering. Ternyata periset menemukan hubungan antara duduk lebih dari 7 jam setiap hari dan meningkatnya risiko kematian sebesar 30 persen pada mereka yang jarang mengolet. Hal serupa tak ditemukan pada mereka yang cukup sering dan sering mengolet.

Penelitian ini hanya melihat efek dari duduk terlalu lama terhadap tingkat kematian. Sementara selama ini duduk terlalu lama juga diasosiasikan dengan berbagai masalah kesehatan.

Para pakar kesehatan menyarankan Anda beristirahat sejenak secara rutin. Cukup beberapa menit setiap jam saat bekerja. Ini dapat menurunkan level gula darah, mengurangi penumpukan kolesterol, bahkan membantu penurunan berat badan.

Jadi mengoletlah tak hanya saat bangun tidur. Karena mengolet baik untuk kesehatan.CNN Indonesia melansir, mengolet dapat memperbaiki postur tubuh, meredakan nyeri sendi, meningkatkan aliran darah dan energi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?