GuidePedia

0


Banyak sekali gerai seafood di Indonesia yang memakai angka sebagai nama. Pemilihan angka untuk nama gerai ini ternyata ada alasannya.

Angka yang dipakai sebagai nama ini kerap terlihat dengan beberapa nama khas lain yang sering dipakai menjadi nama gerai di Indonesia. Selain angka, ada nama orang, nama yang berhubungan dengan anggota tubuh, seperti Pak Kumis atau Pak Gendut. 

Ada juga nama seperti 'Sederhana' dan 'Sudi Mampir' yang kerap kali jadi pilihan nama gerai. Namun, yang paling sering muncul adalah ragam angka-angka untuk nama gerai makanan. Sebenarnya, apa maksud dan makna angka tersebut?

“Angka 99 sudah ada sejak dulu,” ucap Athai, pengelola Seafood 99 di kawasan kuliner Pecenongan. Walau mengaku tak begitu tahu bagaimana bisa angka 99 yang dipilih untuk nama gerai seafood yang sudah ada sejak tahun 1972 tersebut, Athai tahu satu hal tentangnya.

“Karena saya generasi ketiga, saya tak begitu tahu sejarahnya hingga angka 99 dipilih untuk gerai seafoodini. Tapi, menurut orang tua saya, angka 99 itu mengandung makna angka terbesar dan angka kembar, yang dalam filosofi China berarti hal baik dan kemakmuran,” katanya.

Tak dapat dipungkiri, bahwa faktor hoki atau keberuntungan juga dipertimbangkan dalam pemilihan nama ini. Menurut perhitungan budaya China, angka yang besar seperti 8 atau 9 punya makna yang baik. Apalagi, jika angka tersebut kembar. 

“Tujuan dari nama tersebut sebenarnya tak jauh-jauh dari harapan rejeki dan kemakmuran dengan membuka tempat makan ini. Dan karena saya ingin mempertahankan semua hal dari tempat ini, namanya pun tak saya ubah. Orang-orang juga terlanjur tahu nama tempat ini Seafood 99,” tuturnya.

Selain angka keberuntungan, ada beberapa pertimbangan yang diambil dalam memilih angka untuk nama usaha. Antara lain adalah angka biasanya mudah diingat, atau angka tersebut punya cerita sendiri. 

Cerita sendiri itu misalnya seperti tanggal kelahiran, tanggal pernikahan, bahkan ada juga yang memakai nomor urut rumah atau gerai tersebut sebagai nama. Apapun maknanya, angka pada nama gerai makanan tidak dipilih asal-asalan. Ada makna dan cerita sendiri. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?