GuidePedia

0



Minum secangkir double espresso di malam hari ternyata dapat membuat orang susah tidur. Penelitian terbaru ini dilakukan di Inggris.

Rupanya kopi memiliki rahasia sehingga dapat membuat seseorang tetap terjaga dari tidur sepanjang malam. 

Seperti dikutip dari bbc.uk (17/9), seorang peneliti dari Medical Research Council Loboratory of Molecular Biology di Cambridge mengungkapkan bahwa minum kopi di malam hari dapat memperlambat keinginan seseorang untuk tidur sekitar 40 menit.

Kandungan kafein dalam kopi mencegah dan memperlambat fungsi kerja hormon melatonin yang membuat mata mengantuk. 

Lima orang peneliti di University of Colorado Boulder di Amerika melakukan percobaan untuk tidak tidur selama 50 hari, dengan kondisi lampu ruangan tetap menyala. 

Dalam setengah bulan masa percobaan, para peneliti sudah dapat menunjukkan bahwa paparan sinar lampu yang menyala terang sama efeknya dengan dosis kafein dalam kopi. 



Dr. OĆ­Neill menambahkan, agar tidak mengonsumsi kafein setelah jam 5 sore karena kafein akan mengganggu jam tidur. Juga dapat mengganggu seseorang untuk melakukan aktifitas di pagi hari. 

Professor Derk-Jan Dijk dari University of Surrey mengatakan bahwa efek dari kafein berbeda-beda. Tergantung tingkat sensitifitas seseorang terhadap kafein itu sendiri. Jika kafein dikaitkan dengan aktivitas tidur seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi kopi pada sore hari dan malam hari.

Jika memang masih akan melakukan aktivitas pada pagi hari sebaiknya tidak minum kopi pada malam harinya. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas karena memaksa tubuh untuk bergerak aktif sementara di malam harinya tidur kurang berkualitas.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top