GuidePedia

0

Ilustrasi (Thinkstock)

Milan - Kamu yang mau traveling ke Milan, Italia harus berhati-hati. Ada banyak pemalak yang akan memeras turis di beberapa kawasan wisata di sana. Kenali cara mereka beraksi!

Kawasan wisata di Milan yang terkenal banyak pemalak adalah di Piazza del Duomo, atau sering disebut juga dengan nama Cathedral Square. Inilah alun-alunnya kota mode tersebut yang pasti tak pernah sepi turis. Seperti, saat detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Kamu harus benar-benar berhati ketika hendak turun atau mau naik stasiun metro di sana. Karena, di situlah turis-turis sering bertemu para pemalak yang modusnya yakni menawarkan gelang dari benang.


"Free, free," begitu katanya.

Turis-turis yang sudah tahu apa maksudnya, pasti akan meninggalkan begitu saja. Celakanya adalah bagi mereka yang belum tahu sekaligus penasaran. Begitu mendekat, gelang itu langsung dipasangkan ke tangan turis.

Nah setelah gelang terpasang, si pria pembawa gelang akan merayu untuk meminta uang. Kalau rayuan gagal, mereka akan memaksa bahkan sampai mengejar si turis.

Hal serupa juga terjadi di Piazza del Duomo sendiri yang banyak terdapat burung dara. Di sana, para turis gemar berfoto bersama dengan burung dara. Tapi, modus pemalak di sini lain.


Para pemalak akan memberi sejumput jagung kering untuk membuat burung-burung itu hinggap di tangan turis. Mereka kadang tak perlu menawarkan tapi langsung manaruh jagung ke tangan turis. Turis yang belum 'paham'akan dengan senang menerima jagung dan asyik berfoto.

Setelah selesai, si pemberi jagung itu lalu akan meminta uang kepada turis.Tak tanggung-tanggung, para pria itu meminta uang cukup banyak yakni 20 Euro atau setara dengan Rp 320 ribu.


Bagaimana cara mengantisipasinya? Ada baiknya kamu cuek bebek saja dan hiraukan mereka. Saat ditawari gelang, tidak usah lihat-lihat dulu, langsung jalan saja. Begitu pun kalau dikasih jagung, langsung kembalikan dan segera tinggalkan.

Jika perlu, berjalanlah ke arah polisi yang biasanya berjaga di sekitar kawasan Duomo. Biasanya, para pemalak itu akan dengan sendirinya meninggalkan turis.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?