GuidePedia

0

Banyak Ibu-ibu yang mengeluh karena anaknya tidak suka makan sayur. Waktu masih belum tahu makanan enak, anak kecil memang lebih gampang makan dan gak pilih-pilih makanan. Tapi kalo udah mulai kenal makanan enak, gak sehat seperti junk food misalnya, anak-anak jadi lebih susah makan sayur karena lebih milih junk food atau makanan olahan lain. Padahal kan kurang sehat dan Aing yakin kalo kamu setuju kalo lebih baik makan masakan rumahan dan sayur-sayuran. Apalagi sayur itu mengandung zat-zat penting untuk pertumbuhan anak, vitamin juga mineral. Untuk mendukung upaya ibu-ibu yang menginginkan anak-anaknya makan sayur dan menciptakan Indonesia yang lebih sehat, kali ini Aing mau kasih tau kamu beberapa cara untuk membuat anak kecil makan sayur.

1. Bentuk yang Menarik
{source name="Duh lucu amat" url="www.pulsk.com"}
Duh lucu amat via pulsk.com

Anak-anak suka gambar-gambar yang lucu dan warna warni, kamu bisa coba buatin makan yang hiasannya bagus dan lucu-lucu. Bentuk pesawat-pesawatan, robot, hewan-hewanan. Maksudnya biar dari mata jatuh ke perut gitu. Kalo makanannya lebih menarik kan jadi semangat makannya.

2. Makanan yang Enak
{source name="Enak nih kayaknya" url="www.bloggerbanua.com"}
Enak nih kayaknya via bloggerbanua.com

Mungkin sebelumnya ibunya gak terlalu enak masaknya. Nah, ibu-ibu bisa coba masak makanan yang lebih enak. Tips dari Aing pake lebih beragam bumbu seperti bawang-bawangan, kecap asin, kecap manis, saus tiram, minyak wijen, ya pokoknya yang macem-macem deh. Jangan kasih banyak micin loh ya, katanya nanti bisa bego. Bikin yang sehat dan enak aja pokoknya.

3. Mencampurkan Dengan Daging
{source name="enak nih kayaknya" url="pingbusuk.org"}
enak nih kayaknya via pingbusuk.org

Kalau misalnya anaknya sukanya makan daging dan ogah makan sayur, memang rada ngeselin ya. Mau jadi apa itu anak makan daging mulu. Tapi ibu-ibu gak boleh kesel biar gak cepet tua, sayurnya bisa ibu-ibu campurkan dengan daging. Daging kan juga bergizi, walaupun gak boleh-boleh terus-terusan bolehlah dicoba campur-campur dengan harapan mereka mau makan karena ada dagingnya.

4. Memberikan Pengertian

Ibu-ibu juga baik kalau bisa kasih pengertian ke anaknya mengenai kelebihan dan manfaat sayur untuk tubuh mereka. Siapa tau, dengan diberi pengertian, mereka bisa lebih suka makan sayur, secara sekarang lagi trend healthy lifestyle gitu kali aja mau ikutan.

5. Menjanjikan Sesuatu

Anak kecil suka permen, coklat, es krim, atau snack-snack biasanya. Kalau memang kepaksa banget, ibu-ibu bisa janjiin mereka, tapi jangan dijadikan kebiasaan juga loh ya. Lebih bagus kalau snack yang ibu-ibu bisa home made dan lebih sehat sih.

6. Paksa
{source name="paksa kayak gini" url="www.pregnancyandbaby.com"}
paksa kayak gini via pregnancyandbaby.com

Tapi baik-baik loh ya. Kalo memang ngeselin banget dan gak mau makan sayurnya, ibu-ibu bisa mengharuskan mereka dan sedikit memaksa mereka. Paksa secara baik-baik dan jangan sampe trauma, karena kalau trauma malah nanti jadi phobia sama sayur lagi.

Nah, sekarang kamu bisa bikin anak-anak suka makan sayur deh! Kamu sendiri suka sayur gak? Ah bodo amat itu sih, kan kamu udah gede. Jangan lupa di share dan kasih komen ya! Aing paksa loh ini

*featured image: www.huffingtonpost.com

---- 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?