GuidePedia

0

Pernikahan adalah momen spesial dalam hidup seseorang, momen yang selalu diharapkan hanya terjadi sekali saja. Karena itu, persiapannya pun maksimal — dari jauh-jauh hari dan melibatkan banyak orang. Biaya pernikahan yang tinggi kerap tak terhindarkan. Tapi tenanglah, ada sejuta cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penyelenggaraan pesta pernikahan.

Selain bikin souvenir sendiri, sekarang kamu juga bisa bikin properti pesta sendiri lho. Dengan ini, kamu tak perlu lagi membeli barang yang sudah jadi untuk dekorasi. Mau tahu lebih lanjutnya? Yuk ikuti 8 trik ini!

1. Pajang bunga di dalam botol dan sebatang bambu. Dengan begitu, venue pernikahanmu akan terlihat manis dan unik tanpa harus keluar banyak biaya

Sebagian besar bunga di venue penikahan dipajang dalam bentuk buket bunga yang besar. Nah, agar pernikahanmu lebih menarik, pajanglah bunga dengan cara yang unik. Misalnya dengan sebatang bambu.

Cara membuatnya mudah kok, pertama-tama kamu bersihkan botol bekas dari label yang melekat. Semprotkan cat frosted glass agar tampak buram. Setelah itu, ikat pada bambu setinggi 1,5 meter dengan tali. Lalu pajang dua atau tiga tangkai bunga kesukaanmu. Mudah 'kan? Hiasan seperti bisa jadi dekorasi pagar buatan di area pesta atau sekadar pemanis saat foto pre-wedding saja.

2. Balon adalah andalan agar tempat pesta bisa terlihat meriah. Agar tak bulat begitu saja, hiasilah layaknya balon udara.

Hiasan pernikahan yang unik via greenweddingshoes.com

Balon adalah properti andalan untuk memberikan kesan yang meriah pada setiap acara. Ulang tahun, syukuran, hingga pesta pernikahan. Namun, menghiasi ruangan dengan balon yang tergeletak begitu saja juga kadang tampak membosankan. Nah, agar hal ini tak terjadi, ubah balon menjadi seperti balon udara.

Pertama-tama, kamu buat kotak dari kertas karton berwarna coklat. Jangan lupa masukkan batu kecil atau pemberat lain agar balon bisa melayang-layang. Lalu ikat dengan tali. Setelah itu sambungkan balon dan kotak tersebut dengan pita cina pada 4 sisinya. Selain itu, hiasi dengan kertas krep pada beberapa sisi balon. Sekarang balon udara siap bikin pesta atau sesi foto pernikahanmu tampak berbeda.

3. Pintu masuk dengan hiasan janur sudah terlalu mainstream. Tirai bunga yang dipasang terbalik akan jauh lebih cantik.


Pernikahan selalu identik dengan janur kuning. Biasanya janur akan dipasang sebagai tirai pintu masuk pesta kawinan. Jika kamu ingin menggelar pesta yang lebih unik, gunakan saja bunga yang dipasang terbalik. Kamu bisa pilih bunga jenis anggrek, wisteria, krisan, atau bunga ari mata pengantin. Lalu kamu ikat pada tali dengan posisi ketinggian yang bervariasi agar bisa membentuk sebuah tirai setengah lingkaran saja. Pastikan kamu menyertakan batangnya juga ya. Dengan hiasan pintu masuk seperti ini, pernikahanmu bisa lebih terkesan bagi para tamu undangan.

4. Pajangan yang indah di pesta pernikahan tak melulu harus mahal, gunakan saja botol bekas dan cangkang. Dengan ini, nuansa kelautan juga bisa lebih terasa.


Selain agar suasana pernikahan tanpak berbeda, properti unik juga digunakan agar jepretan kamera bisa terlihat lebih indah. Tak harus menggunakan hiasan barang-barang mahal kok, sekarang barang bekas juga bisa digunakan sebagai gantinya. Misalnya botol dan cangkang.

Caranya mudah, pertama-tama kamu cuci bersih cangkang yang akan kamu pasang, misalnya cangkang kerang, cangkang bekicot, atau cangkang keong. Lalu ikatlah kerang di atas botol yang sudah dicuci bersih menggunakan tali rami. Simsalabim, hiasan cantik di hari bahagia sudah bisa kamu bikin sendiri. Kamu bisa pajang di dekat pelaminan, photobooth, atau properti untuk pre-wedding.

5. Bikin properti nikah yang elegan itu mudah kok! Kayu tua dengan hiasan bunga bisa kamu bikin sendiri sekarang.


Salah satu faktor pesta penikahan yang berkesan adalah properti unik dan elegan yang dipajang. Tenang, properti yang unik ini tak melulu harus mengucurkan banyak uang kok, karena kamu juga bisa membuatnya sendiri dari batang kayu. Cara menyulapnya pun mudah.

Kamu bisa beli potongan kayu bekas, lalu amplas agar lebih indah. Setelah pasang busa buket dengan kawat. Lalu hiasai dengan bunga palsu atau asli yang berwarna putih. Nah, agar lebih cantik, tancapkan juga tanaman sukulen dibagian tengah. Selain itu bunga amaranthus atau krisan kecil juga bisa ditambahkan sebagai pemanis. Mudah 'kan? Tanpa harus mengeluarkan banyak dana, membuat sendiri bisa lebih hemat.

6. Jepretan di hari pernikahan bisa terlihat lebih menawan dengan latar sepeda tua yang dihiasai bunga.


Kamu ingin hasil jepretan di hari pernikahan tampak lebih menawan? Gunakanlah hiasan sepeda tua yang berbunga sebagai latar gambar. Cara mendekorasi juga tak terlalu susah kok.

Gunakan sepeda tua atau sepeda yang sudah tak digunakan. Lalu letakkan pot bunga di bagian sedel depan, sedel belakang, dan di keranjang depan. Atau kamu juga bisa membuatnya dengan mengikat beberapa potong bunga dan daun pada tali, kemudian tata tali ini pada sepanjang rangka sepeda. Dengan hiasan seperti ini, hasil foto pernikahanmu pasti lebih terkenang.


7. Papak kayu atau karton yang didekor ala foto polaroid bisa jadi andalan properti pesta pernikahan. Sesekali para tamu undangan juga bisa bergaya di depannya.


Kamu ingin properti yang unik dan murah untuk gelaran pesta pernikahan? Gunakan saja papan foto polaroid sebagai hiasan. Cara bikinnya praktis dan gampang kok.

Siapkan kayu atau kertas kardus bekas. Lalu buat menjadi bingkai segiempat. Pastikan bingkai bagian bawah lebih lebar ya. Setelah itu tuliskan namamu dan pasanganmu di bagian bawah. Agar lebih cantik, tambahkan saja sedikit bunga di bagian sudutnya. Dan gantung di tempat yang agak luas. Hiasan seperti ini bukan hanya bikin venue-mu lebih menarik, tapi orang-orang juga bisa menjadikannya photo booth yang unik.

8. Kata mutiara dan nama orang tercinta yang terukir pada selembar daun bukan hanya mudah dibuat, hiasan ini juga bikin pernikahanmu jadi lebih unik.



Kamu mendamba pesta pernikahan yang unik dan berbeda dari yang lain? Kamu bisa memanfaatkan daun kering sebagai properti. Pilih daun kering yang berukuran besar, keras dan berwarna cerah, misalnya daun nangka. Lalu tuliskan kata-kata mutiara atau nama orang tercinta menggunakan spidol.

Nah, daun ini bisa kamu pajang dengan cara menggantungnya pada tali atau menempelkannya di papan. Tanpa banyak pengeluaran tambahan, hiasan seperti ini bisa bikin pernikahanmu tak terlupakan.

9. Jika arah hubungan kalian menjadi jelas karena pernikahan, venue pesta tak lagi bikin tamu undangan kebingungan kalau kamu memasang tanda dengan papan.


Venue penikahan seringkali dibagi menjadi beberapa bagian, pelaminan, tempat makan, toilet, dan lain sebagainya. Nah, agar para tamu gak kebingungan, pasang saja tanda dari papan kayu. Pasang di posisi tengah atau pintu depan. Tak hanya nama tempat saja, kata-kata mutiara juga bisa kamu tulis disana. Selain membantu para tamu, papan ini juga bikin pesta pernikahanmu jadi lebih meriah.

Menghemat dana penikahan itu ada banyak cara, salah satunya dengan membuat properti sendiri. Tak hanya mempertimbangkan murah saja, estetika juga harus kamu perhatikan. Maka, 9 kreasi properti pernikahan ini bisa kamu andalkan agar pernikahan bisa lebih indah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Selamat mencoba, semoga bahagia!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?