GuidePedia

0


Selain berfungsi sebagai tempat membersihkan badan, kamar mandi juga berpotensi menjadi salah satu ruang "berbahaya" di rumah. Kecelakaan yang terjadi di kamar mandi seperti terpeleset sampai gegar otak bisa menimpa siapa saja, termasuk orangtua Anda yang telah berusia lanjut.
Agar kejadian membahayakan seperti ini tidak terjadi, ada baiknya Anda menyiapkan kamar mandi yang aman untuk keluarga. Berikut ini adalah beberapa tips atau langkah yang bisa Anda terapkan agar kamar mandi keluarga Anda aman dari kecelakaan :
1. Bebaskan lantai dari kondisi licin
Caranya dengan memasang karet antiselip pada seluruh lantai kamar mandi. Pastikan lapisan anti-licin tersebut tidak mudah tergeser dari tempatnya.

2. Buatlah kamar mandi dalam suasana terang
Mengingat daya penglihatan orang berusia lanjut mulai berkurang, cahaya yang terang akan membantu mereka. Akan lebih baik lagi, Anda memasang sensor lampu otomatis ketika ada orang yang masuk ke kamar mandi. Sensor seperti ini akan memudahkan mereka tanpa harus repot mencari saklar lampu.

3. Jangan membuat split level pada lantai kamar mandi
Hal ini akan memudahkan orang berusia lanjut berjalan dalam kamar mandi. Kondisi tanpa split level juga membantu orang berusia lanjut yang menggunakan kursi roda.

4. Tambahkan railing di sepanjang dinding sebagai tempat berpegangan
Pasang pegangan dekat kloset agar mereka mudah bangkit atau duduk.

5. Pilih keran air yang mudah difungsikan hanya dengan sedikit gerakan
Sebaiknya jangan menggunakan keran yang butuh berkali-kali putaran karena ini akan membuat mereka repot.

(Opung);foto:ilustrasi
Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?