GuidePedia


Menstruasi atau haid adalah pendarahan periodik dan siklik dari rahim akibat runtuhnya jaringan endometrium. Proses terjadinya haid berlangsung dengan tahapan berikut:

a. Stadium menstruasi atau desquamasi

Pada saat stadium menstruasi, dari kandungan melalui vagina keluar darah haid disertai lapisan endometrium dan lendir dari servik. Darah yang keluar tidak membeku karena ada fermen yang mencegah pembekuan darah dan mencairkan potongan - potongan mukosa.
Bila haid banyak maka fermen tersebut tidak mencukupi sehingga timbul bekuaan -bekuan darah haid. Banyaknya perdarahan selama haid normalnya ± 50 cc. Pada stadium menstruasi endometrium menjadi tipis.


b. Stadium Post Menstruum atau Stadium Regenerasi

Stadium ini sejak hari ke 4 menstruasi dinamakan luka akibat endometrium yang dilepaskan berangsur - angsur ditutupi kembali oleh selaput lendir yang baru dari epitel-epitel kelenjar endometrium ± 0,5 mm.

c. Stadium inter Menstruum atau Stadium Prolifer

Stadium ini berangsur dari hari ke 5 haid sampai hari ke 14 dari hari pertama haid. Kelenjar-kelenjar tumbuh lebih cepat dari jaringan lain pada stadium ini tebalnya endometrium ± 3,5 mm.

d. Stadium Pre menstruasi atau Stadimn Sekresi

Pada stadium ini endometrium tebalnya tetap tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang dan berliku-Iiku serta mengeluarkan getah. Stadium sekresi berlangsnng dari hari ke 14 - 28.


Teguhsubianto.blogspot | realitycentre | Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Beli yuk ?