GuidePedia

0

Wisbenbae.blogspot,com JAKARTA- Kabar penting datang dari tim Manor Racing yang baru saja merilis mobil F1 dengan nama MRT05. Hampir semua situs penggemar F1 mewartakan kabar gembira itu, tak terkecuali di Indonesia.

Maklum saja, MRT05 itu nantinya akan ditunggangi Rio Haryanto. Rio Haryanto dan Manor dalam beberapa hari ini telah memenuhi linimasa para pengguna internet (netizen) di Indonesia.

Untuk menguji mobil baru itu, Pascal Wehrlein, rekan satu tim Rio Haryanto, telah menjalani sesi uji coba yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Senin (22/2/2016). Banyak yang mengelu-elukan MRT05 ini. Namun, ada pula yang menyambutnya biasa saja, sebagian tetap nyinyir.

Akun Twitter @ManorRacing juga turut memublikasikan foto MRT05 bersama dua orang pebalapnya, yaitu Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein. "Dream car," begitu sebut @ManorRacing mengunggulkan mobilnya.

Technical Director Manor Racing, John McQuillian, mengatakan, mobil Formula 1 ini merupakan mobil terbaik yang pernah diluncurkan. Secara keseluruhan, ini paket mimpi yang sempurna untuk 154 orang yang ada di Manor Racing, yang telah bekerja keras untuk mendesain dan membangunnya.

Beberapa orang juga menyambut positif warna baru MRT05 yang didominasi oranye dan biru itu. Akun Twitter resmi Formula 1, yaitu @F1, juga ikut merayakan kelahiran mobil balap Manor ini.

Dari Indonesia pun tak kalah heroik menyambut kelahiran MRT05. "Dream Racer!! Born to Fast," begitu kicau @SahabatRio.

Netizen lain yang tampaknya dari luar Indonesia juga memberi apresiasi. "100% @ManorRacing's livery is the best on the grid. Well done guys!" kata akun @TheZestyOranges.

Akan tetapi, sebentar, setelah mengecek linimasa dari orang-orang Indonesia, ternyata ada nuansa berbeda. Selalu ada cara berbeda bagi orang Indonesia dalam merayakan kelahiran sang jabang bayi MRT05.

Akun Twitter ‏@fadhilah_arief berkata, "Manor benar-benar mencintai Indonesia," katanya sambil menampilkan tautan gambar MRT05 dan gambar bus metromini.

Ada pula yang berkomentar sambil menyusupinya dengan doa, seperti yang dilakukan oleh akun MuhRichard. "Mobil F1 Manor vs Metromini. Semoga manuvernya Rio nanti kayak sopir Metromini ibukota," katanya.

Satya Andhika dengan akun Twitter-nya ‏@adhmosatya juga berkomentar nyinyir, tetapi di balik kenyinyirannya itu tetap saja muncul doa terselubung. "Ugal-ugalannya metromini jadi inspirasi tim Manor buat warna mobilnya, semoga always ugal-ugalan tapi tetep finish!" katanya.

Tak sampai di situ, sikap nyinyir beberapa netizen terus mengalir hingga Senin (22/2/2016) malam. "MRT? - Manor Racing Team - Metromini Racing Team," ledek Fajar Martin R.

Arief Ramadhan dengan akun ‏@ariefocoel berusaha lebih analitis dengan menebak apa maksud CEO Manor datang ke Jakarta. "Berarti kemaren CEO Manor ke Jakarta cuman mau liat metromini," katanya.

Apa yang disampaikan Gilang Purnomo Krish dengan akun ‏@gilangpurnomo sepertinya mewakili kita semua. "Akun F1 Team Manor ga bingung apa ya, pasti banyak yang mention kata kata metromini yang mereka ga ngerti," katanya.

Biar mereka mengerti, mari kita jelaskan soal metromini. Metromini adalah salah satu perusahaan bus di Jakarta yang melayani transportasi umum. Ongkos naik metromini terkenal murah dan terjangkau. Sopir yang ugal-ugalan karena kejar setoran sudah menjadi trademark metromini. 

Netizen Indonesia memang unik. Kekritisannya tak bisa dilihat dari kicauan mereka semata. Boleh jadi, walaupun mereka menanggapi dengan nyinyir, mereka tetap akan menanti dengan setia balapan F1 dan berharap Manor dan Rio menuai kemenangan.

Metromini adalah simbol sesuatu yang sulit diartikan dari satu perspektif. Ia mewakili "kekacauan", "kekumalan", "dekil", "jelek", "murah", "ugal-ugalan", "tidak nyaman". Tetapi, dia juga mewakili sisi lainnya yang unik, yaitu "nekat", "laju", "berani mati", dan "dekat dengan rakyat".

Metromini juga merefleksikan "pantang menyerah". Maksudnya, pantang menyerah hingga ban mereka pakai bisa divulkanisir sampai beberapa kali untuk digunakan lagi.

Pengandaian netizen terhadap mobil balap Manor dengan bus metromini boleh saja ditanggapi dengan dua versi. Bagi pendukung Rio, inilah saatnya memasukkan Manor dan MRT05 dalam kosakata dan konversasi sehari-hari warga Indonesia.

Bagi haters Rio, saat ini juga bisa puas tertawa sambil menyebarkan meme Manor versus metromini. Namun demikian, tweet di bawah ini mungkin pantas menjadi penutup perdebatan dari dua kubu,

"Jangan nyinyir dong! Semoga Rio ngukir prestasi di F1 utk membungkam mulut lo," kata pemilik akun Twitter @Alamat_P4lsu.

Penulis: Amir Sodikin

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?