GuidePedia

0


Dibangun pada tahun 1917, artinya 99 tahun yg lalu : Tank bikinan Renault tahun 1917 ini adalah diantara rancangan tank paling berpengaruh dan revolusioner dalam sejarah, seperti dituturkan sejarawan Steven Zaloga bahwa Renault FT17 inia dlah "tank modern pertama di dunia".



KENAPA ?
“FT-17″/”FT17” atau “Renault 1917”, adalah sebuah tank ringan perancis yg dipersenjatai dan lengkap dengan roda jelajahnya. yg jadi kelaziman sampai sekarang, dan jangan lupa ini sudah dilengkapi dengan meriam yg bisa berputar 360 derajat.






Konfigurasi Renault FT – tempat crew di depan, ruang mesin di belakang, dan persenjataan utama di sebuah anjungan berputar – sekarang masih dan menjadi standar sebuah rancangan tank. lebih dari 3.000 tank Renault FT dibikin okeh industi Perancis, kebanyakan di tahun 1918. Ada lagi namanya 950 sebuah tank kembaran dari FT,  “M1917 6-Tons” diikin di AS (Gambar M1918 juga ada di post ini), tapi bukan pas masa perang. Sejarawan persenjataan perang Steven Zaloga menyebut Renault FT ini sebagai “Tank modern pertama didunia”.




Anjungan pertama dirancang untuk FT tadinya berbentuk lingkaran, dilapisi dengan baja yg hampir mirip dengan prototype nya. Tadinya dirancang untuk bisa membawa sebuah senapan mesin Hotchkiss 8mm . Di bulan April 1917, seorang perancang, Kolonel J.B.E. Estienne memutuskan demi alasan2 taktis, bahwa beberapa tank harus bisa membawa sebuah meriam kecil. Senapn 37mm Puteaux akhirnya terpilih, dan percobaan berhasil  memproduksi sebuah anjungan berlapis baja yg sanggup mengangkutnya, tapi ternyata gagal.



150 tank FT hanya untuk latihan saja, dan dibikin dari baja plus yg tidak dikeraskan untuk anjungannya. Pada saat yg sama, the Berliet Company sudah memproduksi sebuah rancangan baru, anjungan berbentuk polygon dari lembaran logam, yg lebih sederhana dalam pembikinan daripada anjungan lapis baja pertama. Ini diberi nama “omnibus”, karena gampang disesuaikan dudukannya untuk senapan mesin Hotchkiss atau Puteaux 37mm dengan penglihatan telescope. 

Anjungan ini kemudian diproduksi dalam jumlah besar. Pada tahun 1918 Forges et aciĆ©ries Paul Girod membuat sebuah anjungan berputar yg kebanyakan dilapisi dengan suku cadang yg berputar. Anjungan Girod ini dikenalsebagai rancangan “omnibus” . Girod menyuplainya ke semua perusahaan yg memproduksi FT,d an di tahap akhir perang ini kemudian lebih dikenal sebagai anjungan Berliet. Anjungan ini duduk di atas sebuah bola - gotri melingkar, dan bisa dengan mudah diputar oleh penembak/komandan atau dikunci di posisidg sebuah rem tangan.




juga berdasar rancangan FT17, Aing tambahin nih banyak tank “M1918 6-Ton” di bawah



















































































Post a Comment Blogger

Beli yuk ?