GuidePedia

0


Wisbenbae.blogspot.com - Siapa yang tidak pernah melamun? Mulai dari anak sekolahan sampai pekerja kantor kerap tiba-tiba hilang fokus dan memikirkan hal lain secara berlebihan alias melamun. Celakanya, berdasarkan penelitian ilmuwan Universitas Vanderbilt, Amerika, melamun bisa membuat tubuh kian tambun.

Dr. Ronald Cowan, si pimpinan penelitian menyatakan bila otak penderita obesitas terhubung dengan cukup unik, membuat mereka lebih mudah makan berlebih terutama saat mereka melamun.

Melamun membuat orang lupa berapa banyak makanan yang sudah masuk ke perut, dan memicu mereka untuk terus makan. Saat melamun, otak disebut berada di keadaan tidak seimbang, membuat kemungkinan makan lebih banyak dari asupan yang diperlukan.

"Orang dewasa dan anak-anak sangat mudah terdorong untuk makan lebih banyak. Hal ini sejatinya penting dari segi bertahan hidup dan evolusi. Namun, di dunia dewasa ini, ketersediaan banyak makanan dengan asupan energi tinggi membuat anak-anak rawan obesitas," ujar Dr. Kevin Niswender.

Menanggapi hal itu, Dr. Cowan menambahkan bila perlu mengkampanyekan latihan konsentrasi pada anak-anak untuk mengurangi resiko obesitas.

"Kami berpikir latihan konsentrasi bisa mengurangi ketidakseimbangan otak (terjadi saat melamun) yang berhubungan dengan obesitas," kata Dr. Cowan.

Apakah Anda masih ingin terus melamun?


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?