GuidePedia

0

pernah kepikiran gak boi, pas makan burger di MacD atau Burgerking, kok gak 'senapsuin' gambarnya yak ? Macem gak sesuai brosuur gituh...? Nah, itu karena poto yg di brosuur memang sebenernya bukan burger kok. Seni fotografi makanan emang bener2 canggih sekaligus menipu milyaran mata, dan dalam disiplin ilmu ini mempelajari sesuatu yg bukan ditampilkan apa adanya.

Bulan lalu, wartawan dari The Guardian berbicara dengan beberapa fotografer makanan tentang karir mereka. Mereka akhirnya membocorkan beberapa rahasianya tentang bagaiman bikin foto makanan yg begitu menggugah selera, jangan kaget ya boi ?


1. Enchiladas


iStock

Ngomongin soal moto enchiladas, kebanyakan pengarah gaya makanan menggunakan kentang tumbuk instant sebagai isian. Ini membuat tampilan enchiladas berasa penuh dan bikin ngiler. Kemudian di ujungnya ditambahin daging biar kelihatan kayak makanan beneran.

2. Pasta Kukus


iStock

Di saat yg tepat sangatlah sulit untuk menangkap uap alami yg keluar dari semangkuk segar pasta kukus, jadi para ahli penata makanan menggunakan beberapa trik untuk hasil yg memuaskan. beberapa diantaranya ada yg menggunakan sumpit panas dan kemudiandihapus memakai Photoshop. Yg lain malah ada yg menggunakan asap rokok atau mesin penguap pakaian. Metode teraneh sih menggunakan tampon anti-air dalam microwave dan nyembunyiin mereka di belakang makanan. Udah laper blon boi ?

3. Tacos


iStock

Gak ada yg lebih bikin gondok selain menerima taco di tangan yg beda sama sekali dg gambar di brosuur yg tampak agung. Sebetulnya emang ada alasan untuk itu boi. Tortilla sering dilem dan ditegakkan dengan gabus kosmetik tersembunyi dalam gambar. Sebuah rahasia dagang biar tacos kelihatan lebih menggiurkan, maka dilapisi dengan minyak rem WD-40 biar kelihatan berminyak.

4. Es Krim


Menurut penata gaya makanan, pemotretan Es Krim adalah yg tersulit. Alternatif terfavorit biar bisa gampang ngambil gambarnya adalah mencampur es dengan gula beku. Bahan lain seperti minyak sayur, gula bubuk, dan sirup jagung juga sering digunain.

5. Kalkun Panggang


Kalkun hari syukuranmu gak akan pernah bisa nandingin kelezatannya seperti di iklan TV, dan tentu saja ada alaannya. Ketika kalkun ini diambil gambarnya, mereka sebenernya tidak dimasak sebagaimana kita masak. Pengarah gaya makanan akan memasak mereka beberapa jam sehingga bagian luarnya akan tampak renyah dan menarik selera. Di dalamnya sih kagak mateng. Biar kelihatan mengkilap, para pengarah gaya akan menyemprot kalkun ini dengan campuran air, sabun cuci tangan dan saus hitam bernama Kitchen Bouquet.

6. Minuman Dingin



Penampakan minuman dingin di atasa akan bikin aboi ngiler apalagi pas hari panas (yg tentu saja merupakan keberhasilan para penata gaya makanan). Biar bisa kelihatan berembun kayak gitu, pengarah gaya makanan nyemprotin gelas dengan aerosol deodorant. Oh, dan es batunya? Mereka mungkin saja plastik.

7. Kopi


Iklan kopi termasuk yg paling ada, tapi mereka dibikin dari serangkaian kebohongan nyata. Kebanyakan kopi dalam iklan yg diambil gambarnya bukanlah kopi beneran, karena sangat susah untuk ngambil gambar kopi beneran. Beberapa resep untuk kopi yg photogenic dibikin dari Kitchen Bouquet, air, dan gelatin. pengarah gaya yg lain malah ada yg  berimprovisasi pakai kecap dan pewarna coklat buat dinding.

8. Cereal


Aing sengaja membocorkan rahasia ini pada aboi amboi semua, karena susu di iklan sereal di atas bukanlah susu. Beberapa pengarah gaya makanan menggunakan krim rambut atau lem buat gantiin susu. Ini bikin mereka lebih gampang moto berjam2 tanpa bikin melempem serealnya. Yg pakai susu asli hanya sedikiiit ajah. Kebanyakan isi mangkuk di atas adalah sayuran kering dan cipratan susu ditambahin di atasnya sebagai efek.


Aneh ya, Aing laper loh sekarang? setidaknya Aing gak ngmauk lagi kalo makanan Aing gak seperti di brosuur.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?