GuidePedia

0



Lada hitam adalah salah satu bumbu makanan yang sangat enak, khususnya bagi mereka yang menyukai makanan pedas dengan cita rasa yang eksotis. Namun, tahukah anda, lada hitam memiliki fungsi yang lebih luas daripada sebagai bumbu dapur saja. Kita bisa membuat lada hitam sebagai salah satu bahan perawatan rambut yang sangat baik. Lada hitam diklaim mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, lebih tebal, sekaligus lebih kuat. Lada hitam diyakini mampu memberikan perlindungan yang kuat bagi rambut karena banyak nutrisi karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin, dan juga banyak mineral yang dibutuhkan oleh rambut.

Agar bisa dipakai pada rambut, kita harus membuat hair mask yang akan dipakai pada rambut. Hair mask ini sendiri dibuat dari campuran lada hitam dan juga buah lemon. Lada hitam yang berjumlah satu sendok teh juga dicampur dengan lemon dengan ukuran yang sama. Kedua bahan tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun dan biarkan hingga mengental. Campuran hair mask tersebut kemudian dapat kita usapkan ke rambut dan kulit kepala. Setelah dioleskan secara menyeluruh, kita diamkan saja selama 20 menit dan kemudian kita bisa cuci rambut dengan memakai air hangat dan juga shampoo. Pemakaian hair mask yang teratur diyakini mampu membuat rambut menjadi jauh lebih sehat dan kuat.

Selain kekuatan, lada hitam juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah ketombe. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi pada lada hitam bisa membuat ketombe yang bisa menyebabkan infeksi kulit kepala dan rasa gatal-gatal pergi dengan cepat. Kita bisa memakai campuran lada hitam dengan yoghurt dimana satu sendok teh lada hitam dicampur dengan yoghurt. Campuran tesebut kemudian kita oleskan pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah rambut dibilas dengan air tanpa adanya shampoo, maka campuran lada hitam tersebut merasuki kulit kepala dan esoknya kita bisa bersihkan kembali dengan air dan shampoo hingga masalah ketombe pun berakhir.

Fungsi lada hitam yang terakhir adalah menghilangkan uban dan melawan kebotakan. Campuran satu gram lada hitam dengan 100 gram yoghurt tanpa gula bisa dioleskan pada kulit kepala dan rambut dan kemudian rambut dicuci dengan shampoo untuk menghilangkan uban. Campuran lada hitam dan yoghurt juga bisa dioleskan ke rambut dan kulit kepala untuk membuat rambut tidak mudah rontok dan mengalami kebotakan.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?