GuidePedia

0

Dalam memenuhi kebutuhan, kita harus bekerja keras dulu sebelum memperoleh hasil jernih payah. Uang saku dariorangtua, buat kamu yang masih kuliah, dan gaji buat kamu yang sudah kerja. Pasti ada banyak keperluan yang harus kamu penuhi. Misalnya aja buat makan, bayar kosan, cicilan motor, cicilan KPR, listrik, dan masih banyak lainnya.

Pernah nggak sih kamu mikir…

Kayaknya bulan ini ga beli baju atau sepatu. Tapi duit udah abis aja. Ilang kemana coba?

Apa kamu udah memasukkan beberapa pengeluaran kecil, yang ternyata bisa nguras duit kamu? Hipwee udah merangkum beberapa hal yang perlu kamu siapin biayanya. Apa aja nih pengeluaran itu?

1. Di umur 20-an, weekend-mu akan sering dihabiskan buat dateng ke nikahan temen. Budget buat kondangan jangan lupa disiapin

Ke kawinan temen, siapkan amplop dulu. via www.ceritamu.com


Di saat kamu mulai memasuki usia 20-an, akan banyak perubahan yang terjadi di sekitarmu. Ketika kamu lagi berusaha sekuat tenaga buat bisa nyelesaiin kuliah, ada aja temenmu yang udah nikah duluan. Kamu dapet undangan dong, pastinya. Apa yang harus kamu siapkan waktu dateng ke acara kondangan? Yes, sejumlah uang
beserta amplopnya.

Jangan diremehin guys, menyiapkan budget khusus kondangan penting banget. Semisal tiap weekend kamu ada 1 undangan ke sana, udah berapa jumlah nominal buat dateng ke kondangan sebulan 4 kali? Bisa nguras kantong banget, kan. Sisihkan sedikit demi sedikit, agar dompetmu tidak kaget.

2. Temen nikahan udah banyak. Sadar nggak sadar budget nengok temen anak juga memakan pengeluaran

Gendong dedek bayi bentar. via lipstickstaiin.tumblr.com


Temen nikahan udah banyak nih. Tunggu aja,nggak lama kamu pasti akan dapet kabar ada temenmu yang udah melahirkan. Paling tidak, kamu akan datang jenguk dan kasih kado kan? Biasanya sih kadonya bisa dalam bentuk baju bayi, gendongan bayi, atau perlatan badan bayi. Harganya nggak bisa dibilang murah lho, guys. Mulai sekarang,

kamu harus mulai memasukkan anggaran kado bayi lahiran ke dalam list-mu. Supaya bisa berhemat, ajak beberapa teman-teman buat patungan beli kado. Hehehehe.

3. Kamu baru ikutan asuransi waktu umur udah 25-an. Hmmm…masih nanya kenapa mahal?

Asuransi untuk masa depan. via www.theguardian.com

Semakin berumur, sebaiknya kamu harus mempertimbangkan untuk bergabung dalam program asuransi. Kamu akan merasakan manfaatnya, walau memang, gajimu tiap bulan harus mendapat potongan agak banyak. Polis yang bermacam-macam bisa membuatmu lebih leluasa memilihi sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa mengikuti program asuransi kesehatan, jiwa, jaminan hari tua, atau untuk pendidikan. Kalau dihitung-hitung, ikut asuransi bisa menghemat pengeluaranmu lho, guys. Bahkan bisa untuk dijadikan investasi atau tabungan.

4. Nongkrong itu gak cuma habis di makanan dan minumnya aja lho. Kamu juga harus memperhitungkan biaya angkot atau ojek ke sananya

Abang siap anter ke tempat nongkrong, Dek. via www.depoknews.id

Anggaran buat hang out cantik dan tampan sudah ada. Kisaran harga buat makan dan minum juga sudah dianggarkan secara teliti. Kamu tinggal langsung meluncur ke tempat nongkrongmu itu. Tapi, apa kamu sudah memikirkan buat transportasinya ke sana? Mau naik apa?

Kalo kamu berangkat dengan kendaraan pribadi, kamu harus ingat bahwa kamu membutuhkan biaya tambahan buat beli bahan bakarnya. Kalo naik abang ojek atau angkot, udah habis berapa nih?

Biasanya, habis nongkrong, ada aja yang ngajakin buat nonton atau karaoke. Nah lo! Kalo kamu naik kendaraan umum? Sudah menghitung berapa biaya yang kamu butuhkan buat berangkat dan pulangnya? Hayooo, jangan sampe kelupaan ya buat hal kecil ini.

5. Kamus sering menunda buat servis. Nanti aja….eh hasilnya lebih mahal dari biasa

Ada yang bisa diservis? via caraservismotormio.blogspot.co.id

Punya kendaraan pribadi memang banyak untungnya. Apalagi buat para perantau. Kamu bisa menghemat biaya pengeluaranmu yang kadang banyak habis di transportasi. Tinggal isi bensin, kamu bisa sampai ke tempat tujuanmu tanpa harus berdesak-desakkan dengan orang. Saking nyamannya pake motor atau mobil, kadang kamu lupa kalau mereka juga butuh buat dirawat secara rutin.

Oli, aki, kampas, dan semua bagiannya harus sering-sering dicek dan diganti. Kalau kamu lupa, biaya yang dibutuhkan buat memperbaiki jumlahnya lebih besar lho daripada servis rutin.Nah, kamu lebih pilih servis rutin atau sekali masuk bengkel tapi komponen banyak yang rusak dan habisnya lebih banyak?

6. Menyiapkan dana buat beli obat saat sakit bikin kamu jauh lebih irit

Sakit nggak ada yang bisa nebak. via collegecandy.com

Tidak ada yang bisa menerka-nerka apa yang bakal terjadi sama kamu. Saat ini kamu baik-baik saja, eh bisa jadi nanti kamu tiba-tiba kesleo gara-gara kepleset di kamar. Jangan sampe kejadian ya, guys. Tapi, kamu harus selalu siap di segala keadaan. Kalau tiba-tiba kamu sakit, paling tidak ada biaya darurat buat mengobati sakitmu. Biaya obat nggak bisa dibilang murah juga. So, jangan lupa segera masukkan ke dalam anggaran bulananmu ya.

7. Capek dan males bisa dateng kapan aja. Uang laundry harus disiapin juga

Pergi ke ibu-ibu laundry adalah jawaban. via rebloggy.com

Sebenernya siapapun bisa kok menyempatkan waktu buat cuci baju, guys. Tergantung kamunya ada kemauan keras apa nggak. Hehehe. Kalau kamu punya kemauan seperti ini, kamu pasti akan menyempatkan mininal seminggu sekali untuk berkutat dengan cucian yang menumpuk di keranjang baju kotormu. Selain untuk berhemat, itung-
itung bisa dijadiin olahraga, kan.

Karena kenyataan tidak semulus angan-angan, rasa malas akan melandamu. Kamu
terpaksa harus menyetorkan cucianmu ke laundry. Jangan anggap remeh, guys. Cucian seminggu bisa banyak banget lho jadinya. Celana jeans atau blazer bisa bikin timbangan membengkak. Menyiapkan budget buat laundry sebaiknya kamu masukkan juga, guys.

8. Budget buat makan-makan waktu ada sodara dateng. Sesekali kamu berkeinginan buattraktir mereka

Traktir eyangkung dulu ah. via www.tumblr.com

Sepupu dari luar kota dateng nih. Kamu pasti pingin ngajak mereka jalan-jalan dong ya, sekalian nraktir sekali-sekali. Jarang-jarang mereka bisa menyempatkan waktu buat bertemu keluargamu. Nah, biaya tidak terduga ini harus kamu waspadai biar dompetmu nggak gampang tipis. Sisihkan sedikit tiap kamu habis gajian, supaya kamu bisa menggunakan buat keperluan ini setiap waktu.

9. Kebutuhan buat browsing hiburanmakin tinggi. Siapkan budgetbuat beli tambahan kuota ketika kepepet

Browsing dulu cari hiburan. via outsidebeautyinsidehealth.com

Hidup di jaman yang butuh internet serba cepet adalah kuota buat browsing. Apalagi buat kamu yang bosen sama tontonan nggak penting di tv. Pasti cari hiburannya daristreaming atau baca berita. Saking asyiknya kadang kamu lupa kuotamu nggak mencukupi dan habis. Solusinya? Beli pulsa extra dong, yang berarti kamu harus merogoh kocek tambahan juga yang bisa bikin seret. Mulai sekarang, cicil sedikit demi sedikit untuk anggaran beli kuota tambahan ini.

10. Ada masanya kamu lagi lapar mata. Nah, jangan lupa sisihkan juga uang kalau-kalau kamu tergoda belanja

Lucu bingits maksimal! via www.pinkkarton.pl

Saat kamu pingin refreshing ke pusat perbelanjaan, niat awalmu cuma pingin keliling aja. Tiba-tiba, ada stan yangmemamerkan barang lucu yang tak terelakkan. Biasanya para cewek nih yang nggak bisa santai. Selalu ada aja alasan buat pingin beli, dan setelah dibeli kamu baru nyadar kalo duitmu berkurang drastis. Mulailah untuk memasukkan “beli barang lucu” ke dalam list anggaran bulananmu. Selain nggak bikin uangmu cepet habis,secara nggak sadar kamu akan menabung buat keperluan ini. Hehehehe.

Dari 10 hal yang harus mulai kamu masukkan dalam pengeluaran tak terduga ini, mana nih yang biasanya bikin duit kamu cepet abis?


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?