GuidePedia

0



Bagaimana sejarah Wi-Fi hingga bisa ditemukan dan digunakan di dunia modern ini? Ternyata cerita ini bermula dari paras cantik aktris Hollywood di tahun 40'an, yang bernama Hedy Lamarr. Sebuah nama yang tidak akan asing bagi para penggemar film. Hedy Lamarr adalah sosok kesempurnaan, tidak hanya memiliki paras ayu yang menyita perhatian dunia, tetapi juga otak yang brilian. Ia adalah orang di balik perangkat yang akhirnya dikembangkan dan menjadikan internet tanpa kabel menjadi populer seperti saat ini.

Di tahun 1942, Lamarr dan partner bisnisnya, komposer musik film, George Antheil, mematenkan sebuah "sistem komunikasi rahasia." Inovasi tersebut memanipulasi frekuensi radio pada interval yang tidak umum antara transmisi dan penerimaan, menciptakan sebuah kode yang tidak mungkin bisa dipecahkan oleh pihak musuh dalam menyadap komunikasi rahasia.

Sayangnya, pemerintah Amerika baru menyadarinya setelah 17 tahun. Teknologi ini pertama kali digunakan pada kapal perang saat Krisis Kuba di tahun 60'an. Kemudian, teknologi "spread spectrum" yang diciptakan oleh Lamarr dan Antheil ini menjadi pondasi untuk komunikasi digital di tahun 90'an, yang akhirnya memunculkan ponsel, mesin fax, dan semua hal yang berhubungan dengan mengirim data tanpa kabel.

Hedy Lamarr sendiri adalah seorang jenius dalam bidang matematika, yang kebetulan bisa menyerap beragam ilmu dari intelejen militer, langsung dari para pemimpinnya, yaitu Hitler, Mussolini, dan para ilmuwan Nazi. Ia mendapatkan kesempatan tersebut saat masih menjadi istri dari pimpinan militer Autria, dan sering kali menggelar pesta untuk para undangan dari kalangan militer.

Ia akhirnya bercerai dengan sang suami dan mencoba peruntungannya di dunia hiburan. Lamarr bertemu Antheil di Hollywood, yang kemudian menjadi partner sejatinya dalam mengembangkan teknologi tersebut. Setelah bermain dalam 18 judul film, serta melalui enam pernikahan, Hedy akhirnya meninggal pada tanggal 19 Januari 2000, di usia 85 tahun. Bersama dengan Antheil, nama Hedy Lamar dimasukkan dalam National Inventor Hall Of Fame.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top <