GuidePedia

0

Dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat memiliki peran penting dalam proses penyembuhan.


Sayuran hijau, seperti bayam dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. (Egal/Thinkstock)


Hidup dengan kanker dapat membuat makanan, terutama makanan sehat terasa tidak menarik. Tetapi dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat memiliki peran penting dalam proses penyembuhan.

"Pada umumnya, para pasien kehilangan banyak berat badan," kata Kalli Castille, Director of nutrision and culinary services di CTCA (Cancer Treatmen Center of America) di Tulsa, Oklahoma. Pasien bernama Lila Welch adalah seseorang yang didiagnosa mengidap pseudomyxoma peritonei sebuah kanker langka pada tahun 2011 lalu. Ketika ia memulai perawatannya dengan CTCA, Ia mengatakan bahwa kebiasaan makannya benar-benar berubah.

Makanan yang menjadi fokus di CTCA tentu saja untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, dan membantu pasien untuk mengatasi perubahan pola makan dan nafsu makan yang kadang-kadang datang selama proses pengobatan.

Suami Welch, Tom, adalah penyemangat utama baginya, dan walaupun ia kehilangan selera makan seperti ini merupakan penyesuaian bagi suaminya pertama kali, dia kembali mempelajari bagaimana memasak untuk istrinya itu.

Menurut Kenny Wagoner, executive chef dari CTCA bahwa perubahan rasa yang dirasakan oleh pasien kanker bisa membingungkan para pengasuh. "Mereka sudah menggunakan resep ini selama 20 tahun, dan tiba-tiba pasien tidak menyukainya lagi. Para pengasuh mungkin akan merasa tersinggung, tapi bukan seperti itu sebenarnya" katanya. "Kami dapat menyelesaikan masalah tersebut jika kita bisa memberikan solusinya kepada mereka."

Memasak untuk para pasien yang tidak memiliki nafsu makan adalah bagian dari pekerjaan Wagoner, jadi ia mencoba untuk membuat makanan dengan visualisasi yang menarik, secara emosional menyenangkan dan memiliki nutrisi sepadat mungkin. "Anda makan dengan mata anda," katanya.

Wagoner dan Castile bekerja untuk memodifikasi makanan yang lezat seperti mac and cheese namun tetap dipenuhi dengan nutrisi. "Kami menambahkan kembang kol di dalam saus keju, sehingga mereka masih mendapatkan nutrisi dari sayur-sayuran di dalam makanan yang ia sukai" katanya. Bahkan dari beberapa dessert yang dicampur dengan makanan-makanan rahasia yang baik untuk kalian seperti black beans in brownies dengan kembang kol sebagai icing nya.

Castille menjelaskan bahwa ia bekerja untuk memenuhi urutan kebutuhan. Ada tiga buah prioritas utama untuk seseorang yang sedang berjuang melawan kanker yakni, cairan, kalori dan protein. Ketika anda sudah memenuhi kebutuhan dasar tersebut, anda akan mulai berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan anda pilih.

Wagoner biasanya terlihat di salah satu meja di cafe nya sehingga memungkinkan kita untuk berdiskusi dengannya ketika kita sedang makan. Dia empati terhadap kesulitan dalam memasak untuk seseorang yang dicintai yang sedang berjuang melawa penyakitnya, Ibu dari Wagoner juga seorang Survivor. Ketika Ibunya bertanya kepadanya apa makanan yang harus ia makan setelah ia didiagnosis, ia mengatakan kepada ibunya seperti ini, "makanlah apa yang sudah Anda makan, tetapi dengan sedikit perubahan yang lebih baik."

(Nisrina Darnila/Becky Harlan/nationalgeographic.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?