GuidePedia

0


Perut membuncit tentunya sangat mengganggu penampilan Anda. Bagaimana cara membuang lemak di area tersebut?

Dari segi kesehatan sendiri, lemak di sekitar perut merupakan jenis yang lebih berbahaya jika dibandingkan dengan lemak di area panggul dan lemak pada paha. Lemak perut dikenal dengan julukan lemak visceral yang sanggup menimbulkan peradangan sehingga muncul plak pada arteri. Bahaya lemak visceral yang lainnya adalah risiko lebih besar terkena penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, gangguan metabolisme.

Risiko dari berbagai penyakit akibat penumpukan lemak dapat diketahui dengan menghitung berat badan dengan rumus BMI (Body Mass Index). Lalu, ukur lingkar pinggang dari atas tulang pinggul. Lingkar pinggang wanita sebaiknya tidak lebih dari 80 cm dan lingkar pinggang laki-laki sebaiknya tidak lebih dari 90 cm.

Mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang mudah dan bisa cepat dilakukan. Tapi, bukan berarti tak ada jalan keluar.

Ada lima cara mengecilkan perut buncit yang dapat dicoba:

1. Cardio dan latihan kekuatan

Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu cara mengecilkan perut yang penting. Cardio dan pelatihan tubuh yang kuat akan membantu Anda membakar kalori dan menjaga tubuh tetap ramping. Anda minimal harus melakukan 30 menit cardio setiap hari untuk membakar lemak perut.

2. Latihan Perut

Melatih otot-otot merupakan hal yang penting. Lakukanlah pelatihan otot perut bagian atas, bawah, dan sisi samping. Misalnya, sit-up yang dilakukan dengan berbagai variasi.

3. Makan Sehat

Semua latihan cardio dan sit-up akan sia-sia jika Anda makan makanan tidak sehat atau memakan terlalu banyak kalori. Jadi, perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayuran, serat, dan biji-bijian.

Cara mengecilkan perut buncit lainnya adalah mengimbangi pola makan dengan asupan bernutrisi yang rendah lemak dan kaya serat seperti gandum, sereal, dan kacang-kacangan.

4. Hindari makanan ini

Bila Anda mencari cara mengecilkan perut buncit, Anda harus menghindari konsumsi natrium (garam), alkohol, dan soda yang bisa menghambat proses pembakaran lemak perut Anda. Soda, termasuk diet soda, mengandung banyak gula dan kalori sehingga bisa membuat perut buncit.

Minuman beralkohol seperti bir juga mengandung banyak kalori. Nah, saat Anda meminum bir, liver bekerja membakar alkohol dan bukan lemak sehingga perut pun makin buncit. Konsumi garam yang berlebihan juga bisa membuat cairan tubuh berpindah dari aliran darah ke kulit Anda.

5. Hidrasi

Minum banyak air yaitu minimal 8 gelas setiap harinya akan membantu Anda menghindari kembung dan bengkak serta menghilangkan rasa sakit pada otot.

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo

(Sumber: meetdoctor.com via Intisari-Online.com)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?