GuidePedia

0


Jika selama ini Anda rutin memakai laptop Windows di luar ruangan untuk keperluan browsing, ada baiknya Anda mencoba untuk tidak lagi menggunakan Chrome ketika browsing internet. Mengapa? Karena browser tersebut terbukti jauh lebih boros ketimbang browser-browser populer lainnya.

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari ujicoba yang dilaksanakan oleh tim Digital Citizen. Dalam percobannya, Digital Citizen menjalankan 5 macam browser populer secara bergantian di 3 macam laptop yang telah beroperasi dengan menggunakan Windows 10, yaitu ASUS ZenBook UX305F, Microsoft Surface Pro 3, serta Toshiba Portege Z20t-B.

Kelima browser tadi telah diupdate untuk menjalankan versi terbaru yaitu Internet Explorer 11, Microsoft Edge 20, Mozilla Firefox 41, Opera32 serta Google Chrome 46. Semuanya berjalan dengan configurasi default, tanpa add-on ataupun toolbar tambahan. Ketiga laptop tadi kemudian disetting untuk beroperasi dalam mode Balanced, namun dengan tambahan agar layar tak pernah mati sehingga laptop tak sampai memasuki mode sleep kecuali ketika baterai benar-benar habis untuk melihat sejauh mana daya tahan ketiga laptop ketika dipakai browsing non-stop.

Aplikasi pilihan untuk memantau seberapa jauh daya tahan baterai adalah Peacekeeper battery test, dimana tiap tes dijalankan sebanyak 2x di tiap browser dan di tiap laptop. Digital Citizen kemudian menghitung hasil rata-rata dari tiap perangkat, dan hasilnya adalah berikut ini:

Hasil untuk ASUS ZenBook UX305F:

Hasil untuk Microsoft Surface Pro 3:

Hasil untuk Toshiba Portege Z20t-B:

Dari tes tersebut, maka bisa Anda lihat bahwa jika Anda memang mengedepankan daya tahan baterai yang optimal, maka aktivitas browsing Anda di laptop Windows 10 hendaknya dijalankan lewat Internet Explorer atau Microsoft edge.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?