GuidePedia

0

Jakarta - Berpuasa di minggu pertama bisa jadi terasa sulit karena tubuh belum terbiasa. Sering kali kita merasa sangat haus, terutama di siang hari dan saat menjalani banyak aktivitas. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa hal ini di saat sahur dan berbuka.

Rasa haus berlebih saat berpuasa ternyata bisa dicegah. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti minum air 8 gelas per hari dan mengonsumsi banyak buah dan sayur.


1. Minum air setidaknya 8 gelas per hari

Anjuran minum 8 gelas air per hari diketahui dapat membuat tubuh terhidrasi. Pada bulan Ramadan kebiasaan baik ini harus tetap dijalankan. Anda dapat membagi waktu minum dalam 3 waktu, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat berbuka.


2. Hindari makanan asin atau pedas

Ahli gizi dari Dubai Health Authority, Dr Wafa Ayesh mengatakan konsumsi makanan asin akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air dan membuat kembung. Sementara itu, konsumsi makanan pedas juga membuat kita lebih cepat haus. Sebaiknya pilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti gandum, bayam, dan almond.


3. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur tinggi kandungan air dan serat. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mengurangi rasa haus saat berpuasa. Cobalah konsumsi buah ini saat sahur atau berbuka puasa.


4. Pilih jus buah segar

Jus kemasan banyak dipilih karena menawarkan kepraktisan. Namun sebaiknya Anda tetap mengonsumsi jus buah segar karena lebih menyehatkan. Jus buah kemasan kemungkinan tinggi gula sehingga membuat tubuh Anda lebih cepat haus.

5. Hindari minum air es

Minum air es saat berbuka memang sangat menggoda, namun perlu diingat air es tidak dapat menghilangkan rasa haus. Air es justru memicu pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya, minum air pada suhu kamar atau tidak terlalu dingin.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?