GuidePedia

0

Saat si kecil belajar berpuasa, makanan bernutrisi tetap harus diberikan. Sajiannya bisa bervariasi, tak hanya rasanya enak, tampilan dan kandungan nutrisinya juga harus mencukupi. ​Karena ​si kecil tetap dapat beraktivitas walaupun sedang puasa.

Saat sahur ataupun berbuka ​pilihlah makanan kaya nutrisi yang enak ​untuk si kecil. Sayur, buah, kurma hingga susu menjadi beberapa makanan sehat yang dapat Anda berikan pada si kecil selama puasa.


1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh si kecil. Nasi, mie hingga roti bisa Anda sajiakan untuk sahur dan berbuka. Untuk menghemat waktu saat sahur, sajikan saja nasi goreng yang dicampurkan dengan telur dan sedikit cincangan wortel. Jika si kecil bosan dengan nasi, bisa diberikan mie goreng yang tak kalah lezatnya. 



2. Protein dan lemak

Selain karbohidrat, protein dan lemak juga harus ada dalam menu makanan si kecil. Telur menjadi salah satu makanan praktis yang bisa dengan mudah ​di​olah. Telur juga mengandung lemak yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan jaringan tubuh si kecil.


3. Kurma

Buah kurma mengandung serat, vitamin dan gula. Kurma mengandung ​kaya kalori ​sehingga bisa dikonsumsi si kecil saat sahur. ​Berikan​ 1-3 butir ​kurma ​saat sahur dan berbuka.



4. Tiga warna Sayur dan buah

Usahakan si kecil mengonsumsi sayur atau buah yang bervariasi. Smoothies dan sup hangat bisa jadi pilihan untuk menambahkan ketiga jenis sayuran ataupun buah. Sayur dan buah mengandung serat, vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.


5. Susu

Susu kaya akan kalsium dan juga protein. Segelas susu bisa jadi salah satu minuman sehat untuk si kecil. Akan tetapi jangan memberikan si kecil susu saja. Padukanlah dengan bahan makanan lain seperti roti dan juga buah. Agar semakin enak, susu juga dapat diolah menjadi milkshake atau dicampurkan dengan smoothie.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
</