GuidePedia

0
http://www.jurnalkedokterangigi.com/wp-content/uploads/2012/11/Pengaruh-Pola-Makan-Menyebabkan-Karies-Gigi.jpg


Pertanyaan:
Sya mau bertanya tentang masalah gigi kropos.bagai mana cara mengobati atau mengobati agar tidak menjalar ke ke gigi yg lain.mohon solusi’a trimakasih.

Jawaban:
Penyebab utama gigi keropos adalah kurangnya asupan kalsium dan mineral, karenanya banyak terjadi di negara dengan kejadian kekurangan gizi yang tinggi. Sebagian orang menyangka karena kuman atau bakteri yang menginfeksi mulut dan gigi, tetapi kekurangan kalsium dan mineral adalah penyebab utamanya. Karenanya kita bisa mendapati ibu hamil yang kekurangan gizi, terutama asupan kalsium, beberapa giginya kropos dan tanggal karena kekurangan kalsium, dimana kalsiumnya terambil oleh janin sedangkan asupan kalsium kurang ketika hamil.

Selain itu gigi mudah keropos juga bisa karena faktor keturunan. Jika ibunya mudah keropos giginya, bisa jadi anaknya juga mengalami gigi keropos. gen ibu yang kurang mengandung mineral dan kalsium menurun dan sehingga anak juga kekurangan kalsium.

Sebab lainnya adalah adanya plak yang tidak dibersihkan. Plap adalah tempat berkumpulnya mikroorganisme yang bisa menghasilkan zat yang bersifat asam dan ini bisa mengikis lapisan gigi. Gigi mudah rapuh dan akhirnya keropos

Solusinya jika gigi mudah keropos yaitu:

Kontrol rutin ke dokter gigi
Mengontrol plak gigi dengan rutin membersihkannya
Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, bisa juga dengan obat kumur
Jangan sering makan makanan yang bisa menimbulkan plak misalnya karbohidrat pada cemilan yang manis 
 
Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (pengasuh rubrik kesehatan konsultasisyariah.com)
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top