GuidePedia



Ciri Ciri Batu Ruby Asli Dan Penjelasannya

Ciri Ciri Batu Ruby Asli Dan Penjelasanya - Ruby atau merah delima dikenal karena warnanya merah yang menggambarkan perasaan cinta, kekuasaan dan kewibawaan. Batu ruby atau batu merah delima juga di kenal sebagai “King of Germstones” yang diterjemah dari Bahasa Sanskerta yaitu “ratnaraj” (raja batu permata). Ruby berasal dari bahasa Latin “rubrum” atau “ruber” (disebut sebagai ru-bor) yang yang berarti merah. Ada juga yang menamakan “carbunculus” (carbuncle). Ruby adalah batu permata yang berharga lebih tinggi dari batu emerald, sapphire, dan diamond. Sejak beribu tahun lalu, negara India dikenal sebagai Negara penghasil Ruby.

Untuk membedakan batu asli atau bukan, perlu diketahui bahwa di Pasar batu Permata ada istilah Natural, Sintetis dan Imitasi.

Natural

Adalah batu permata yang terbuat secara alami oleh Alam, batu ini diperoleh secara alami kemudian dibentuk sebagai batu permata.

Sintetis

Adalah batu permata yang dibuat secara Laboratorium, bahan materialnya sama dengan batu yang Natural atau origin. Berat jenis maupun karakteristik fisik nya sama. Ada juga batu Sintetis yang berasal batu Natural yang kurang bagus kemudian dilebur dipadatkan lagi menjadi batu permata.

Imitasi

Kalau batu Imitasi berbeda sama sekali dengan yang Asli, batu ini hanya tiruan saja. misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik.

Dengan mengetahui kriteria di atas kita dapat membedakan bahwa batu tersebut apakah Asli / Natural / origin atau hanya Sintetis atau bahkan Imitasi.

Ada beberapa cara untuk membedakan nya:

1. Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya. Serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu, Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.

2. Cara kedua adalah dengan melihat fenomena yang ada pada batu permata. Misalnya Star atau Bintangnya, biasanya pada batu safir atau ruby terdapat star yang jelas. Biasanya dinamakan Fenomena.

3. Berat Jenis, Batu permata umumnya besar dan tidak terikat perhiasan, kita dapat menguji keasliannya dengan mencari berat jenisnya, berat jenis dapat membedakan batu yang satu dengan yang lainnya. Atau Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top