GuidePedia

0
sedikit tips naik kereta di vietnam
Buat boi yang mau jalan jalan ke vietnam..
terutama yg railfans niy..
mudah2an gak repost ya...
Buat informasi... Sistem tiket kereta di Vietnam konon telah memakai komputer.


Tetap saja
masih ditemui kesemrawutan sana sini. Paling gampang adalah beli di stasiun di bagian booking for foreigners. Harga tiket untuk turis memang berlipat, tapi untuk kereta cepat seperti Reunification Train (klas SN) satu bed satu orang. Loket hanya dibuka beberapa jam sebelum kereta berangkat (untuk klas rakyat). Kalau waktunya mepet lebih baik menggunakan jasa travel agent yang tersebar dimana-mana.


Pastikan
mendapat tiket ditangan, bukan selembar kuitansi pembayaran. Tiket yang benar adalah seperti gambar diatas dengan ukuran 15X10cm. Saya beri angka warna merah untuk menunjukkan detail.

1. TN15 = nama kereta.
Untuk klas rakyat dinamai TN sedang klas cepat adalah SN dengan nomor dibelakangnya. Nomor ganjil menuju Saigon dan nomor genap menuju Hanoi.

2. Soft Sleep = tipe tempat duduk.
Untuk kereta malam biasanya ada compartment dengan tempat tidur. Soft artinya dengan kasur busa dengan 4 bed. Sedang hard sleep sebenarnya pake busa tapi tipis aja. Dua2nya diberi bantal dan selimut. Spesial kereta tipe SN, soft sleep dan hard sleep pake AC sedang yang rakyat kadang ada AC kadang pake fan.

3. Hue-Saigon = adalah rute yang dituju.
Perlu diketahui nama resmi Saigon adalah Ho Chi Minh City (HCMC), namun semua orang masih menggunakan nama Sai Gon untuk berbagai hal.

4. Ngay di/Date 05/02/2006 = tanggal perjalanan.
Ketika menerima tiket pastikan dengan jelas. Kalau tukang tiket ngga bisa bhs inggris, tulis di secarik kertas menunjukkan tujuan, tanggaldan jenis tempat duduk. Serahkan dan dia akan mengerti. Bahasa tulisan lebih manjur.

5. Toa/Coach 11T = nama gerbong.
Sebelum naik, teliti dulu apa gerbong kereta dimulai dari nomor kecil. Nama gerbong ditulis di papan, ditempel/digantung di gerbong. Untuk kereta cepat, satu petugas menunggu di tiap gerbong sembari meneliti tiket.

6. Loai ve/Ticket Foreigner = jenis tiket.
Untuk turis memang lebih mahal. Klo mau ngakali (he..he) minta dibeliin temen di Vietnam ditanggung kita dapet harga lokal. Lumayan kan…

7. Giao/Time = jam kereta berangkat.
Bisa dibilang jarang ontime, tapi bukan berarti lantas datengnya molor. Minimum datang setengah jam sebelum jadual. Karena harus mencari letak peron/platform ataupun posisi ruang tunggu. Jika ada perkembangan baru biasanya diumumkan keras-keras tapi tidak dengan bahasa inggris. maka “being nuisance’ alias nanya-nanya terus.

8. Tang/Level 2 = ini level tempat tidur.
Saya dapet no2 soft sleep berarti tempat tidur paling atas. Harga termahal tentulah yang paling bawah. Untuk SN ada tangga besi naik,sedang kereta rakyat cuma pake pijakan kecil di dinding. Siap2 latihan panjat dinding dah….


9. Giung/Berth 12 = nomor tempat tidur.
Biasanya ada di pintu compartment lengkap dengan posisinya. Tapi untuk yang rakyat cuma ditulis pake spidol gede2 di pintu compartment.

10. Gia ve/Price 611.000 dong = harga tiket. Jangan beli tiket dengan US dollar bila perlu tukar uang dulu. Jurusan Hue-Saigon lumayan mahal maka siap2 duit cash.

Tips lainnya :
* Jika punya pengaman ransel sebaiknya dikaitkan ke tepi bed. Sebenarnya aman2 saja hanya paling sering adalah jambret ketika tidur.

* Bawa air minum banyak karena walaupun dibagi aqua tapi cuma dalam botol kecil

* Toilet lumayan bersih, ngg jorok (ups.. don’t expect too much). Bawa toilet paper/wet tissue untuk membasuh.

* Untuk kereta SN ada konter air panas gratis. Jadi klo mau bikin kopi/teh/mie sendiri juga bisa. Ada penjual resmi dorongan di kereta tapi harganya agak mencekik. Mosok kopi dihargai 10,000 vnd ?

* Bawa buku/musik untuk menghibur diri. Abis lama buanget… kecuali di gerbong bertemu dengan teman mengasyikkan. Terutama dengan orang setempat, banyak cerita menarik bisa digali.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top