GuidePedia

0


Rasa lapar dan kejenuhan sering jadi hambatan penurunan berat badan. Padahal dengan strategi makan yang jitu, berat badan bisa turun!

Tidak disiplin, tak punya cukup waktu untuk olahraga juga menjadi hambatan program penurunan berat badan. Beberapa strategi yang dilansir dari Times of India ini (27/06) bisa menurunkan berat badan secara perlahan.

1. Makan sedikit dan kunyah lebih lama


Sebuah studi menunjukkan bahwa semakin lama waktu dalam mengunyah makanan makin sedikit kalori yang dipakai. Mengunyah lebih lama juga mencegah makan berlebihan, serta tubuh bisa menerima sinyal kenyang dari otak.

Selain memperlancar percernaan mengunyah lebih lama juga membantu membatasi ukuran porsi makan. Cobalah mengunyah makanan 35-50 kali per sesuap.

2. Jangan melewatkan sarapan

Mengonsumsi sarapan sebenarnya dapat membantu tubuh dalam memberikan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika melewatkan sarapan Anda akan merasa lebih lapar saat makan siang sehingga bisa mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3.Konsentrasi pada makanan 

Ketika Anda berbicara sambil makan, otak menajdi tidak fokus pada jumlah makanan yang Anda konsumsi. Hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat makan bersama teman-teman. Hanya saja perhatikan pada makanan sedang dimakan.

4.Jangan terlalu lama memasak makanan 


Makanan terlalu matang dapat menguras kandungan nutrisinya. Jika tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, Anda tidak akan merasa puas dan mencari makanan lain.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah makan lebih banyak makanan mentah seperti sushi dan salad. Masak makanan dengan dikukus, dipanggang, direbus.

5. Mengonsumsi buah sebelum makan


Sebaiknya 30 menit sebelum makan buah-buahan. Buah akan dicerna dengan cepat. Makan buah selagi perut kosong akan mendetoks sistem pencernaan dan membakar energi yang baik untuk turunkan berat badan. 

6. Lebih sering ngemil
Anda harus mengonsumsi makanan lima sampai enam kali per harinya dengan waktu 2-3 jam istirahat. Dengan mengonsumsi makanan lebih sering, metabolisme tubuh akan lebih baik dan tetap dapat berenergi sepanjang hari.

7. Hindari makan setelah jam 8 malam
Sebaiknya makan malam paling lambat sebelum pukul 8 malam. Hal ini bisa menghindarkan keinginan ngemil sebelum makan. Jika sulit, sebaiknya minum teh herbal atau sikat gigi setelah makan sehingga mengurangi keinginan makan sebelum tidur.

8. Jangan minum sambil makan
Banyak yang menganjurkan minum air 10 gelas sehari. Jika Anda makan di antara makan maka cairan akan memperlambat pencernaan dan menurunkan asam dalam lambung. Akibatnya nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi tidak bisa diserap baik oleh tubuh.

Hindari hal ini dengan minum air 15 menit sebelum dan setelah makan. Jika ingin minum saat makan, batasi hanya beberapa teguk saja.

Sumberlanjutin di sini !



Mau KAOS di bawah ? Klik ajah !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?