GuidePedia

0


Jagat lini masa diramaikan klaim tentang keberhasilan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang berhasil membersihkan sungai di Ibu Kota.

Para pendukung Ahok menyebarkan foto keindahan penataan sungai di Rasuna Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan yang terlihat bersih dan nyaman.

"TOP MARKOTOP AHOK KEREEEEN. TERLIHAT HASIL KERJANYA YG TOOOOOOP," tulis pendukung Ahok dengan nama akun Hilda Oostervink
"Asli sy suka Kali seperti ini.. Thank you Ahok," ujar Agnes.
"Kerja keras & keras pada bawahan... hasilnya mantap p. Ahok," tulis Loney Loon bangga.

Namun, pendukung Ahok di Facebook itu akhirnya terdiam setelelah tiba-tiba muncul akun M Ridwan Kamil berkomentar.

"Itu bukan kerjaan Pak Ahok. Itu kerjaan saya dan tim arsitek urbane & Umar Zain landscape untuk BLD. Selesai di jaman Pak Foke. Mohon jangan blunder. nanti Pak Ahok dipermalukan oleh kamu-kamu yang datanya ngaco. hatur nuhun," demikian tulisan akun M Ridwan Kamil. 

Sempat disebut-sebut akun M Ridwan Kamil adalah palsu bukan akun resmi Ridwan Kamil.

Menanggapi tuduhan akun palsu Ridwan Kamil menyampaikan klarifikasi di akun Twitternya.

"ini lagi gak pk fakta. sy punya 2 akun fb. satu fanpage "ridwan kamil". satu lg pribadi "m ridwan kamil". bkn palsu," tulis Walikota Bandung ini di akun resmi twitternya @ridwankamil, Selasa (20/10).



Ridwan Kamil pun menegaskan di twitternya:

"Sungai Epicentrum di Rasuna itu hasil desain firma arsitek saya dkk utk Bakrieland 2007. Beres thn 2010an. *fakta."

"Hal tadi untuk meluruskan fakta. sebaiknya biasakan argumentasi dgn fakta. kasian pak Ahok nya. saya dan beliau bersahabat baik. sgt baik."

Sebetulnya terkait sungai Epicentrum karya Ridwan Kamil ini sudah pernah diberitakan detikcom pada awal September 2015 kemarin. Berikut beritanya:

Kamis 03 Sep 2015, 17:47 WIB
Sungai yang Keren dan Bersih di Epicentrum Karya Ridwan Kamil



Jejak karya Ridwan Kamil sebagai seorang arsitek salah satunya ada di Epicentrum, Jakarta. Proyek taman sekaligus mengaktivasi sungai menjadi ruang publik itu itu dikerjakan Wali Kota Bandung itu bersama rekan lain satu timnya di tahun 2005.

Sebelum menduduki bangku nomor satu di kursi Pemkot Bandung, tangan pria yang akrab disapa Emil itu kerap mendesain bangunan-bangunan kelas internasional baik di Indonesia maupun di luar negeri. Yang berhubungan dengan sungai, selain terlibat dalam tim Epicentrum, pria yang hobi bersepeda ini juga pernah mengerjakan proyek subkontraktor dari Marina bay Waterfront Singapura.

"Itu karya yang dikerjakan waktu tahun 2005. Mulai dari tanah kosong, menjadi superblock, menjadi kawasan manusiawi. Visinya menjernihkan sungai," ujar Emil ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kamis (3/9/2015).

Bisa dilihat di kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Aliran kali dibendung dan disulap menjadi taman nan indah. Tak ada bau menyengat khas sungai perkotaan di Indonesia, warnanya juga tak hijau dan tidak ada sampah yang mengambang. Air dialirkan melalui samping sungai yang dibendung.


Kesimpulannya:
- Karya Ridwan Kamil dkk
- Selesai di zaman Gubernur Foke tahun 2010


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?