GuidePedia

0


Vietnam terkenal dengan jajanan kaki limanya. Begitu pula saat sarapan, banyak yang mencari menu pinggir jalan.

Di Vietnam, makanan berat seperti nasi dan mie masuk dalam daftar menu sarapan. Sebut saja seperti pho yang terkenal. Jika ingin lebih ringan, ada banh mi. Sandwich gaya Vietnam ini tak lepas dari pengaruh Prancis di sana. Berikut diantara menu sarapan populer Vietnam.

1. Pho


Pho dan Vietnam tak dapat dipisahkan. Mie beras dengan kuah kaldu gurih ini juga jadi bagian sarapan di Vietnam. Tiap penjual pho punya racikan berbeda, namun penentu kenikmatannya tetap terletak pada bahan pembuatan kaldu. Ada aneka jenis pho seperti Pho Bo (pho sapi), Pho Ga (pho ayam), Pho Bo Gau, Pho Bo Tai Nam dan Pho Sot Vang. Penggunaan perasan jeruk nipis dan cabai menambah citarasa sajian.

2. Xoi


Meski pho mendunia, namun sulit menentukan apakah Pho atau Xoi yang lebih populer untuk sarapan di Vietnam. Sampai jalan terkecil pun ada penjual Xoi (sticky rice) di pagi hari. Terdapat pula yang menjual Xoidalam wadah tertutup daun pisang. Xoi kemudian ditaruh di atas kepala atau dibawa dengan sepeda. 

Jenis nasi lengket ini ada yang berharga murah misalnya Xoi Gac (Xoi berwarna yang memakai minyak Gac), Xoi Do Xanh (Xoi dengan buncis), Xoi Lac (Xoi dengan kacang) atau Xoi Ngo (Xoi dengan jagung). Varian lebih mahal seperti Xoi Trung (Xoi dengan telur), Xoi Pate (Xoi dengan pate), hingga Xoi Cha (Xoi dengan daging gulung).

3. Banh Mi


Banh mi berasal dari Prancis ketika masa kolonial di Vietnam pada akhir 1800an. Sejak itu, cara makan Prancis mempengaruhi kuliner Vietnam seperti konsumsi roti untuk sarapan. Pate (pasta hati angsa) menjadi bagian dari banh mi. Kemudian berkembang dengan pemakaian sayuran, udang, sosis dan lainnya.

4. Banh Cuon


Lumpia asal Vietnam ini juga jadi menu sarapan. Banh Cuon dibuat dengan kulit dari tepung beras kukus. Isiannya berupa daging bab cincang dan jamur kuping. Biasa banh cuon disajikan dengan Cha Wue dan saus spesial bernama nuoc cham khusus. Dulunya saus memakai tambahan minyak dari serangga ca cuong untuk menyempurnakan rasa. Namun kini minyak ca cuong makin langka dan mahal.

5. Chao 


Chao atau bubur dari beras jadi makanan untuk sarapan, makan siang maupun makan malam di Vietnam. Meski dianggap makanan orang miskin namun Chao makin mewah saat dimasak dengan beragam daging. Antara lain Chao Ga (bubur dengan kaldu ayam), Chao Vit (bubur dengan bebek), Chao Luon (bubur dengan belut) dan Chao Ca (bubur dengan ikan).

6. Trung Vit Lon


Trung Vit Lon mirip dengan balut di Filipina. Terbuat dari embrio bebek yang masih menempel di kulitnya. Disebut rasanya lebih enak dari telur ayam normal dan tinggi kandungan protein. Di Vietnam, Trung Vit Londisukai banyak orang dan muncul di hampir semua penjaja sarapan. Orang Hanoi biasanya mendampinginya dengan sedikit garam, lada, daun laksa dan air kumquat. Sedangkan di Ho Chi Minh biasa langsung dimakan dari kulitnya.

7. Banh Bao


Banh bao serupa dengan bakpao khas China. Berupa dumpling bulat yang diisi aneka bahan seperti daging babi, bawang bombay, jamur dan sosis. Versi paling populer di Ho Chi Minh adalah campuran babi cincang, telur puyuh rebus dan sosis China. Di kaki lima, banh bao dijual langsung dalam kukusan. Sehingga tersaji panas saat dibeli.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?