GuidePedia

0


Kompetisi di dunia smartphone tidak hanya diramaikan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Saat ini ada banyak perusahaan startup yang berdiri dan berlomba untuk memberikan yang terbaik bagi para penggemar gadget. Karena ramainya persaingan, salah satu ide untuk merebut perhatian publik adalah dengan membuat sebuah perangkat yang unik dan menarik.

Memang, tidak mudah untuk besaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, seperti Samsung dan Apple. Ditambah lagi, para manufaktur smartphone Tiongkok yang rela mendapatkan laba sekecil mungkin, asalkan bisa memasarkan sebanyak yang mereka mampu.

Di sini dibutuhkan seorang usahawan yang tidak hanya tahan banting, tetapi mampu memberikan sesuatu yang lain. Berikut adalah lima smartphone unik yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan startup.

1. NextBit Robin



NextBit Robin disebut sebagai "the only cloud-first smartphone." Maksudnya, perangkat ini memiliki memori internal 32 GB dan tambahan penyimpanan data cadangan gratis sebesar 100 GB secara online. Layanan cloud tersebut tidak hanya untuk aplikasi atau pun backup data saja, tetapi terintegrasi langsung dengan sistem operasi Android pada smartphone tersebut. 

Layanan itu akan mengurangi aplikasi-aplikasi dan konten yang tidak atau jarang digunakan ke cloud dan menyimpannya, hingga Anda membutuhkannya kembali.

Backup data juga dilakukan secara otomatis untuk smartphone yang memiliki layar IPS 5,2-inci, Snapdragon 808, RAM 3 GB, kamera belakang 13 MP dengan phase detection autofocus, serta scanner sidik jari di samping perangkat. Tidak lupa satu set speaker stereo disiapkan di bagian depannya. Robin diperkirakan akan hadir bulan Januari 2016 dan memiliki banderol harga $399, atau sekitar Rp. 5,4 jutaan.

2. Obi Worldphone SF1



Obi Worldphone SF1 diciptakan oleh mantan pentolan CEO, John Sculley. Obi mencoba untuk menawarkan sebuah "flagship" dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu $200, atau sekitar Rp. 2,7 jutaan, tetapi masih memiliki desain yang cukup menarik. Secara spesifikasi, Obi Worldphone SF1 punya layar 5-inci 1080p, kamera 13 MP, slot dual-SIM, serta baterai 3000 mAh yang akan memberikan tayangan video HD selama 10 jam hanya dalam sekali isi ulang.

Rencananya, Obi Worldphone SF1 ini bakal diluncurkan di beberapa negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

3. UBIK UNO



UBIK UNO memiliki slogan yang mirip dengan OnePlus 2, yaitu harga yang setara dengan nilai produk. Perangkat ini punya bezel yang sangat tipis dengan rasio layar ke bodi yang menarik pula. Harga satuan dari UBIK UNO adalah $345, atau sekitar Rp. 4,6 jutaan, tetapi bisa didapatkan dengan lebih murah bila memesan sejak awal, dengan harga $280, atau sekitar Rp. 3,8 jutaan.

UBIK UNO memiliki fitur layar 5,5-inci 1080p, prosesor octa-core MediaTek dengan modem LTE, RAM 3 GB, memori internal 16 GB dengan slot microSD, kamera Sony 20 MP dengan sensor terbaru IMX230, berikut dengan kamera depan 8 MP, serta baterai 3100 mAh dengan Android 5.1 Lollipop.

4. Turing Phone



Turing Phone terbuat dari logam kuat yang dinamakan Liquidmorphoium dan disebut sebagai smartphone untuk para elit, serta dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi yang akan membuat para hacker menyerah untuk membongkar rahasia terdalam yang diletakkan di Turing Phone. Keunikan lain adalah chasis yang terbuat dari logam cair, scanner sidik jari di samping, serta konektor isi ulang Magstream.

Spesifikasi lainnya adalah layar 5,5-inci 1080p, kamera belakang 13 MP, RAM 3 GB, serta baterai non-removable 3000 mAh. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 801, untuk menemani tiga model dengan tiga harga yang berbeda pula. Untuk model 16 GB harganya sekitar Rp. 8,3 jutaan, model 64 GB seharga Rp. 10 jutaan, serta model 128 GB dengan harga Rp. 11,8 jutaan.

Selain itu terdapat pula edisi khusus Dark Wyvern dengan harga mulai Rp. 10,6 jutaan untuk model 64 GB, serta Rp. 13,6 jutaan untuk model 128 GB. Pengiriman akan dimulai pada bulan Desember mendatang.

5. Fairphone 2



Fairphone 2 memiliki spesifikasi yang sudah biasa ditemukan di produk-produk smartphone lainnya, yaitu Snapdragon 810, RAM 2 GB, memori internal 32 GB, dual-SIM, baterai 2420 mAh, dan kamera belakang 8 MP.

Keunikan yang dimiliki oleh Fairphone 2 ini adalah konsep dengan daya tahan yang lama untuk melengkapi platform modular. Perusahaan tersebut menargetkan umur penggunaan hingga lima tahun. Dan selama lima tahun itu, pemiliknya bisa melakukan upgrade dengan mengganti-ganti komponen-komponen dari Fairphone daripada harus membeli smartphone baru.

Harga yang ditawarkan untuk smartphone modular Fairphone 2 ini adalah Rp 8 jutaan dan bisa dipesan untuk pengiriman di bulan Desember mendatang.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?