GuidePedia

0


Agar tak lupa melulu, luangkan waktu sejenak untuk membaca kiat mengingat berikut terlebih dahulu.© Shutterstock

Dalam hidup ada saja hal-hal yang kerap terlupa. Lupa bukan karena usia apalagi gender, melainkan karena adanya gangguan yang mengusik kemampuan Anda untuk fokus. 

Agar tak lupa melulu, luangkan waktu sejenak untuk membaca kiat mengingat berikut terlebih dahulu.
Nama orang

Saat berkenalan, buatlah hubungan nama orang tersebut dengan seorang selebriti bernama sama atau berwajah serupa. Misal Indro dengan Indro Warkop. Kadang mungkin sulit, namun begitu menemukannya, kemungkinan besar Anda akan mengingatnya.

Barang yang perlu dibawa

Masukkan barang yang perlu Anda bawa ke dalam kantong plastik bening dan gantung di gagang pintu.

Lokasi parkir

Lihat tanda lokasi parkir sesaat setelah mobil Anda berhenti. Ingat dengan baik lokasi parkir, atau di bagian gedung mana Anda muncul. Lebih pasti lagi, foto lokasi parkir dan tulis lokasi persis, kirimkan ke teman baik atau keluarga Anda.
Kunci

Letakkan kunci di sebuah mangkok di dekat pintu masuk rumah. Anda juga bisa menggantungnya. Biasakan untuk selalu meletakkannya di sana. Kadang memori tajam hanya soal kemampuan mengatur hal-hal dalam hidup, bukan soal kekuatan otak.

Barang bawaan

Payung, atau topi Anda sering tertinggal? Lain waktu, letakkan di atas barang yang akan bergeser ketika Anda beranjak pergi. Misal di atas tas. Dengan demikian, diharapkan Anda akan lebih memperhatikannya. Anda juga bisa mencoba membuat mantra lalu mengucapkannya dengan nada lagu yang mudah diingat. Isi mantra: benda-benda penting yang wajib Anda bawa setiap hari saat keluar rumah. Misal: "Ponsel, kunci mobil, payung" senandungkan dengan nada lagu favorit.

Kurangi barang bawaan

Semakin banyak barang bawaan Anda, semakin besar kemungkinan Anda meninggalkan salah satunya. Lebih baik bawa satu tas besar dengan beberapa kantong pemisah yang memuat segala barang. Jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan, usahakan menyimpan seluruh belanjaan dalam satu kantong.
Pengecas telepon seluler

Saat bepergian, bongkar koper dan tempatkan di sebelah stopkontak. Pasang pengecas dan lilitkan kabel pada pegangan koper. Jangan memindahkan lokasinya. Niscaya, Anda tak lupa lagi membawa pengecas ponsel pulang.

Orang bilang, "Bersyukurlah jika Anda lupa. Karena itu berarti Anda masih punya ingatan." 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?