GuidePedia

0


Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ ini berukuran sekepal tangan manusia nya sendiri. Jadi dengan kata lain ukuran jantung manusia berbeda-beda. Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Organ ini sangat penting, karena kerusakan jantung tidak bisa digantikan dengan jantung yang lain seperti hal nya hati atau ginjal. Gejala penyakit jantung sendiri pada umumnya tidak dapat diprediksi, namun salah satu gejalanya yaitu sesak nafas yang sangat, rasa sakit yang tidak jelas, tidak nyaman di bagian dada dan otot-otot, namun terkadang salah arti karena ini juga merupakan gelaja asam lambung. Dalam kasus penyakit jantung akan mengalami penyumbatan yaitu

- Koroner, Pembuluh Darah Koroner (Besar) tersumbat sementara dan biasanya menyebakan sakit yang hebat, walaupun mungkin hanya sebentar.

- Penyumbatan Pembuluh Darah Kecil (Iskemi), disebabkan oleh Kolesterol dan juga Diabetes dimana penyakit yang terakhir ini menyebabkan kakunya pembuluh darah, sehingga tidak dapat mengalirkan darah secara maksimal, pembuluh darah kecil yang terganggu jumlahnya banyak dan terjadi di seluruh tubuh.

Serangan jantung adalah puncak bencana dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lama, yang sering melibatkan kejutan-kejutan emosional, kekacauan fisiologis dan kelelahan mental. Tanda-tanda peringatan dini begitu subyektif dan begitu tersamar, sehingga bahkan dokter yang terlatih untuk mengukur segala sesuatu secara obyektif masih bisa mengabaikannya.

Pada dasarnya penyakit jantung lebih sering dialami kaum adam, namun tidak menutup keumungkinan wanita juga sangat bisa terkena penyakit jantung. Hal yang dapat memicu penyakit jantung adalah pola hidup yang kurang baik. Pola hidup yang buruk memang sangat beresiko menderita penyakit-penyakit berbahaya. Seperti diabetes, hipertensi, obesitas merupakan salah satu penyakit yang dapat memicu penyakit jantung. 

Pada usia 45 tahun pria harus sudah mulai memikirkan bagiman apola hidup teratur yang sangat baik bagi tubuhnya, istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, mengatur jadwal makan, kurangi merokok (bukan untu pria saja namun wanita, remaja pun). Dan pada wanita berusia kisaran 55 tahun karena itu masas-masa wanita sudah memasuki usia menopause. Stress juga merupakan resiko mengalami penyakit jantung, riwayait keluarga, gaya hidup yang buruk (tidur larut malam, makan makanan yang tidak bergizi baik, angin malam, kecapean, rokok, istirahat kurang). 
Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?