GuidePedia

0


Gule kambing jadi sajian favorit karena rasanya gurih berempah​. Agar gule sedap dan nikmat, daging kambing perlu diolah secara tepat.

Membuat gule kambing sebenarnya tak sulit asalkan Anda tahu triknya. Mulai dari pemilihan bagian daging, cara mengempukkan, hingga penggunaan santan dan rempah. Aing (24/09) telah merangkum tips membuat gule kambing yang sedap berempah.

1. Bagian daging kambing


Bagian panggul (leg) paling cocok diolah menjadi gule. Panggul berada di bagian paling belakang kambing, dekat dengan ekor. Daging di bagian panggul teksturnya empuk, aroma tidak terlalu tajam, dan lemaknya lebih sedikit. Anda juga bisa menambahkan jeroan sesuai selera seperti limpa, babat, paru, dan usus.

2. Mengempukkan

Agar daging gule empuk dan tidak beraroma prengus, rebus dahulu daging kambing dalam​ air mendidih. Segera buang buih yang muncul di permukaan air karena buih tersebut adalah kotoran. Hindari juga merebus daging berbarengan dengan jeroan karena bau prengus akan semakin parah. Sebaiknya rebus jeroan secara terpisah.

​Untuk menetralisir bau menyengat, Anda bisa menambahkan rempah beraroma kuat seperti lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, dan batang sereh ke dalam air rebusan.

3. Penggunaan santan dan rempah


Berbeda dengan gulai yang berasal dari Sumatera, gule dari Jawa memiliki kuah yang cair dan tidak terlalu kental. Pilihlah santan ​segar ​encer untuk membuat gule. Tambahkan sedikit gula agar ada sentuhan rasa manis. Gunakan juga berbagai rempah seperti merica, kayu manis, kapulaga, jahe, kunyit, dan cabai merah.

4. Penyajian

Agar makin sedap, Anda dapat menikmati gule kambing dengan seporsi nasi hangat. Jangan lupa tambahkan pelengkap seperti acar mentimun rawit, bawang merah goreng, dan kecap manis. 

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?