GuidePedia

0

Kopi terbukti tak mengganggu kinerja jantung© Shutterstock

Bagi para penyuka kopi, pagi hari tanpa segelas minuman berwarna hitam ini rasanya belumlah lenhkap. Dan berbahagialah para penikmat kopi, ternyata rutin minum kopi tak akan membahayakan jantung seperti yang diungkapkan penelitian terbaru dari Swedia.

Dalam studi ini peneliti menemukan fakta bahwa minum kopi tidak berhubungan dengan risiko meningkatnya fibrilasi atrium. Yakni salah satu kondisi denyut jantung tak teratur pada pria dan wanita.

"Ini adalah studi prospektif terbesar yang meneliti hubungan konsumsi kopi dan risiko fibrilasi atrilasi. Kami tidak menemukan bukit tingginya konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko fibrilasi atrium," terang pemimpin penelitian yang juga profesor epidemiologi dari Karolinska Institute di Swedia, Susanna Larsson, seperti dilansirLiputan6.com.

Pada studi terbaru ini, para peneliti melihat data dari 42 ribu pria dan hampir 35 ribu wanita yang berpartisipasi pada dua studi, yakni Cohort of Swedish Men dan Swedish Mammography Cohort.

Pada 1997, semua partisipan mengisi kuesioner terkait kesehatan dan diet mereka, termasuk seberapa banyak mereka mengonsumsi kopi setiap harinya atau mingguan.

Setelah 12 tahun, para peneliti menggunakan Swedish Hospital Discharge Register untuk melihat apakah ada pasien yang menunjukkan peningkatan fibrilasi atrium.

Setelah itu, terbukti bahwa peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan peningkatan fibrilasi atrium.

Dalam laporannya, seperti ditulis oleh Detikcom, peneliti menulis bahwa konsumsi kopi berhubungan dengan risiko fibrilasi atrium tak signifikan pada laki-laki dan pengurangan risiko fibrilasi atrium tak signifikan pada perempuan.


"Kita tidak menemukan bukti apapun yang menyebutkan bahwa tingginya konsumsi meminum kopi dapat berisiko pada fibrilasi atrium. Masyarakat bisa meneruskan kebiasaan meminum kopi, dalam kasus ini, tanpa berisiko terkena risiko fibrilasi atrium," simpul Larsson seperti dikutip pada Medical Daily pada Rabu (23/9/2015).

Meskipun demikian, kopi disebut peneliti mungkin saja dapat menyebabkan bentuk lain dari jantung berdebar yang bukan karena fibrilasi atirum. Untuk pastinya masih diperlukan studi lebih lanjut terkait hal tersebut.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?