GuidePedia

0


Sate kambing ​menjadi salah satu olahan populer ketika Idul Adha. Untuk membuat sate kambing enak, perlu memperhatikan cara potong sampai bumbunya. 

Sate kambing yang sedap biasanya mempunyai tekstur empuk. Menurut Lenny dari rumah makan Sate Ibu Yanti, pemilihan jenis dan bagian kambing ikut berpengaruh pada hasil sate. Berikut beberapa tips pembuatan sate dari Sate Ibu Yanti. 

1. Pemilihan kambing



Jenis kambing berpengaruh pada keempukan sate. Daging kambing betina usia antara 4-6 bulan dapat dipilih untuk sate. Biasanya kambing betina mempunyai serat lebih halus, sedangkan jantan agak kasar. Kambing betina juga punya lemak agak banyak. 

2. Pemotongan daging



Untuk sate, sebaiknya ambil bagian paha belakang, punggung atau has dalam. Menurut Lenny, bagian ini biasanya lebih empuk. Kemudian lih​at alur serat daging. Ikuti arah serat untuk memotong daging. Terakhir, buang urat (lapisan tipis berwarna putih) pada daging kambing. Jika salah potong tidak mengikuti serat dan urat-urat tidak dibuang maka daging jadi liat​. Lemak atau gajih daging bisa digunakan untuk menambah citarasa sate.

3. Peralatan pemanggangan



Pilih tusuk sate dari bambu yang bersih dengan warna agak putih. Bentuknya bisa dipilih yang bulat atau lebar, sesuai selera. Sebelum memakai tusuk sate, rendam dalam air supaya kotoran hilang dan lebih lembap.

Sedangkan untuk arang pada pemanggangan sate bisa dipilih arang batok kelapa. Biasanya arang ini lebih tahan panas dan suhunya stabil.

4. Proses pemanggangan



Dalam satu tusuk sate, dapat diisi 3 potongan daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ini ke dalam bumbu kocokan yang agak encer hingga rata. Isi bumbu kocokan ini terdiri dari campuran bumbu kacang, kecap dan sedikit air kaldu. Sate dibakar dalam bara api sampai setengah matang. Kemudian sate diangkat dan dicelupkan lagi ke bumbu kocokan, supaya bumbu lebih menyerap. Terakhir, bakar kembali sate hingga matang sempurna. Keseluruhan proses pembakaran memakan waktu sekitar 5-10 menit.

5. Pelengkap sate



Sate kambing biasa disajikan dengan saus kecap. Saus ini bisa dilengkapi irisan cabai, bawang merah, bawang goreng, lada dan jeruk limau. 

Jika suka variasi lain dapat memakai bumbu kacang. Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah/gula pasir dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?