GuidePedia

0


Sang penyelam Steve Jones mengambil gambar2 luarbiasu dari reruntuhan kapal2 di dasar laut. Gambar ini menunjukkan beberapa bagian dari kapal perang PD I Super-Dreadnought class HMS Audacious, yg menghantam ranjau Jerman sebelum tenggelam pada 27 Oktober 1914.

Gambar2 menakjubkan memamerkan reruntuhan dua kapal perang PD I yg sekarang beristirahat di kedalaman dasar laut dengan tenang.

Beberapa kendaraan militer dari jaman PD I maupun II juga tergeletak di dasar laut, sedangkan kapal raksasa yg satunya lagi diperkirakan membawa muatan emas batangan berharga jutaan dolar.

Sang Photographer Steve Jones, 43, dari Aberdare, Wales Selatan, mengambil gambar2 bawah air ini ketika menyelam di Malin Head, laut dalam Donegal, Irlandia.


Seorang penyelam memeriksa bagian dari SS Laurentic (atas) yg terletak di bawah air di Malin Head ketika itu kapal ini sedang dalam perjalanan menuju Amerika di puncak PD I ketika dia menabrak dua ranjau laut dan tenggelam di kedalaman 40 m , dan membunuh lebih dari 350 ABK.


Salah satu dari kapal yg tenggelam itu adalah SS Empire Heritage yg sedang membawa sebuah muatan barang2 keperluan perang dalam jumlah besar termasuk tank2  Sherman selama PD II. Reruntuhan itu terletak di kedalaman 67m di bawah permukaan air Malin Head, di laut dalam Donegal di Irlandia.

Salah satu kapal tenggelam itu, SS Laurentic, tenggelam ketika berlayar menuju Amerika selama PD I dan membawa muatan 43 ton emas batangan untuk membayar persediaan kapal perang.

Kebanyakan sih sudah ditemukan. Walopun Mr Jones dan tim-nya, yg punya pengalaman menyelam lebih dari 30 tahun, sudah berusaha dengan keras untuk menemukan 20 batang emas sisanya mereka belum berhasil menemukannya sampai kini.

4 reruntuhan kapal yg difoto dg bagus oleh Mr Jones menunjukkan HMS Audacious, SS Justicia, SS Laurentic dan Empire Heritage, yg semuanya tenggelam selama PD I dan II.


Seorang penyelam memeriksa reruntuhan SS Justicia yg ditorpedo Jerman U-Boat UB-124 menewaskan 16 orang. Ini adalah salah satu kapal terbesar yg tenggelam selama PD I.


Kapal The White Star Liner Justicia yg berbobot 32,234 ton (atas) dulu digunakan sebagai pengangkut pasukan selama PD I. Foto ini menunjukkan ujung haluan, yg tutupnya mbelesak melewati dek yg runtuh ketika sang penyelam memeriksa bagian dalamnya.


Justicia (atas) sekarang teronggok di kedalaman 72m di perairan Malin Head. Spot ini jadi terkenal di kalangan  penyelam selama bertahun2
7

SS Laurentic, SS Justicia dan HMS Audacious semuanya tenggelam di perairan Malin Head selama PD I sedangkan SS Empire Heritage tenggelam selama PD II.

Jones bilang: “Kami hanya punya waktu 30 menit di kedalaman sana untuk tiap2 penyelam, dan ada resiko besar ketimpa reruntuhan kapal.
Malin Head adalah salah satu tempat spesial selama pengalaman saya menyelam.

Para pelaut telah ini mengorbankan nyawa mereka  selama dua PD untuk memastikan rute penting supply antara Britania raya dan AS tetap ada.”

Justicia sedang berlayar dari Belfast ke New York ketika ditorpedo oleh Kapal selam Jerman Type III Coastal U-boat UB-64 di bawah komando Otto von Schrader.
8

Photographer Steve Jones, 43 tahun, dari Aberdare, South Wales, sedang mengambil gambar bawah air SS Justicia (#8) dan SS Laurentic (#9) ketika sedang menyelam di perairan Malin Head, lepas pantai Donegal, Ireland.
9
10

Salah satu dari kapal2 ini, SS Laurentic (atas), tenggelam ketika berlayar menuju Amerika pas PD I dan sedang membawa muatan 43 ton emas batangan untuk membeli peralatan perang.


Kebanyakan emas itu sudah diangkat dari SS Laurentic, tapi diyakini masih ada terkubur. Kira2 emas itu berharga 87.714.000.000 rupiah !.


SS Laurentic (atas), tenggelam pada tahun 1917 ketika sedang berlayar menuju Amerika selama PD I dan menewaskan lebih dari 350 ABK.


HMS Audacious (atas) termasuk sebuah kapal perang kelas King George V-class dari AL Inggris yg ditenggelamkan oleh ranjau kapal AL Jerman di lepas pantai utara Donegal pada tahun 1914.


Sejumlah tank Sherman teronggok di bawah laut lepas pantai Malin Head setelah ditenggelamkan ketika sedang dikirimkan oleh SS Empire Heritage

Terletak kira2 23 mile sebelah selatan Skerryvore, Skotlandia ketika ditenggelamkan di bulan Juli 1918 menewaskan 16 ABK. Reruntuhannya terletak sekitar 28 mile barat laut Malin Head, Irlandia 70m di bawah laut.

Kapal berbobot 15,000-ton, SS Empire Heritage adalah sebuah kapal raksasa yg sedang berlayar dari New York ke Liverpool , membawa muatan barang keperluan perang termasuk sejumlah tank Sherman ketika dihajar sebuah torpedo di tahun 1944, 15 mil lepas pantai Donegal.

Ketika itu dia sedang dalam jalur antara New York ke Liverpool ketika dijadikan sasaran oleh U-482. Lebih dari seratus ABK tewas ketika kapal ini tenggelam.

HMS Audacious adalah kapal perang kelas King George V-class dari AL Inggris yg ditenggelamkan oleh sebuah ranjau AL Jerman di barat laut lepas pantai Donegal di tahun 1914.


Sebuah ujung haluan teronggok di dasar laut, ketika si penyelam sedang mencari jalan sepanjang reruntuhan kapal dan menggunakan senter, dan menemukannya di tengah kegelapan.


Tank2 Sherman yg masih terikat dg  truk, tersebar sepanjang reruntuhan SS Empire Heritage 67 meter di bawah laut.

Laurentic sedang menuju ke Amerika pas puncak PD I ketika menabrak dua ranjau dan tenggelam di kedalaman 40m, membunuh lebih dari 350 ABK. Peristiwa itu terjadi pada bulan Januari 1917 dan segera diadakan operasi penyelamatan emas.

Mr Jones bilang: “HMS Audacious adalah salah satu kapal perang terkuat di masa itu. Tenggelam karena ranjau selama WW1 dan teronggok di kedalaman 65 meter. Sungguh menakjubkan bisa melihat sedekat ini.”

Kapal PD I yg lain SS Laurentic sedang menuju ke AS, menabrak 2 ranjau dan tenggelam di kedalaman, menewaskan 350 ABK.

Di dalamnya terdapat 43 ton emas batangan untuk membeli peralatan perang kapal.

Mr Jones bilang: ‘Karena kedalaman dan lokasinya yang ekstrim, hanya penyelam terlatih yg menggunakan gas campuran (menggunakan helium dicampur oxygen) yg bisa menyelam dengan aman di kedalaman ini.

Malin Head sudah menjadi legenda di antara komunitas 'penyelam teknik' sebagai spot dengan reruntuhan terbaik di dunia. Ini merupakan sebuah perasaan yg menakjubkan mengetahui bisa mengabadikan beberapa reruntuhan bersejarah yg mengagumkan.


Samudera lepas pantai Irlandia Utara jamak diketahui sebagai kuburan massal kapal dan kapal selam PD I dan II.

Selama PD I, daerah ini dulunya merupakan jalur strategis AL sekutu dan tetep digunain termasuk ke Amerika.

Armada Britania Raya mengalami kekalahan besar dari kampanye Atlantik U-boat, dg korban hampir setengah armada kapal dagang Inggris habis selama perang baik di torpedo ataupun kena ranjau Jerman.

Seperti kapal2 PD I, dasar laut utara Irlandia dan barat Skotlandia adalah tempat peristirahatan terakhir dari banyak kapal selama PD II.

Konvoi sekutu secara teratur melewati daerah itu dalam perjalanan mereka ke dan dari pelabuhan2 besar seperti Glasgow dan Liverpool.

Selama 6 tahun pertempuran sengit di laut Atlantik, kapal2 ini sering bersandar berserakan di perairan lepas pantai di dekat2 pelabuhan itu, sehingga menimbulkan lalulintas kapal yg sunguh padat,  Nazis melihat itu sebagai sasaran empuk dan penting.

Tapi ini juga jadi tempat mematikan buat kapal selam jerman U-boats , karena akan gampang terlihat oleh Pesawat2 AU dan kpal2 perang AL Inggris .

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?