GuidePedia

0

Tangkapan layar situs Ashley Madison© Flickr

Diretasnya situs perselingkuhan Ashley Madison memberikan pelajaran berharga tentang satu hal: betapa mudahnya password yang digunakan oleh begitu banyak orang untuk sesuatu yang seharusnya dibuat dengan hati-hati. Demikian diungkapkan oleh situsTechcrunch.com.

Setelah sekitar dua pekan menggunakan berbagai cara untuk mengulik database yang dibocorkan para peretas, firma keamanan internet Avast berhasil mendapatkan 25,393 kunci -- yang terdiri dari 1,064 password unik. yang didapatkan dari satu juta password pertama dari database yang diretas itu.

"Tidak ada kata maaf untuk menggunakan password yang payah, karena penggunaan password yang cerdas memainkan peran penting agar Anda aman dari serangan dan gangguan," kata perwakilan Avast seperti dikutip dari BGR.com.

"Bahkan dengan menggunakan algoritma enkripsi terkuat sekalipun, sangat mudah untuk mendapatkan sederet password hanya dengan mencocokkannya ke daftar password yang lemah ini," ungkap Avast di blog perusahaan.

20 password paling umum yang digunakan di situs perselingkuhan Ashley Madison adalah:
123456
password
12345
12345678
qwerty
pussy
secret
dragon
welcome
ginger
sparky
helpme
blowjob
nicole
justin
camaro
johnson
yamaha
midnight
chris

Ternyata dalam daftar ini kata sandi "123456 " masuk dalam daftar 25 password terburuk dunia seperti perna diungkapkap oleh Beritagar pada awal tahun 2015.

Tip mendapatkan password yang kuat

Pertama, password yang aman adalah memadukan huruf dengan karakter-karakter menggantikan huruf, misalkan dari "password" menjadi "p@ssw0rd1!", sehingga program hack tidak mudah menebaknya.

Kedua, buatlah password berdasarkan frasa dari sebuah kalimat. Misalnya, mengambil lirik dari lagu favorit, seperti 'Bohemian Rhapsody' dari Queen yang mengandung lirik ini: "I see a little silhouette of a man, Scaramouch, Scaramouch!" Kemudian, kombinasikan beberapa huruf yang bisa digantikan dengan simbol dan angka dari huruf pertama tiap kata, maka dari "ISALSOAMSS" jadilah "1$4LS04M$!". Password yang seperti ini susah sekali dijebol oleh hacker yang pakai hack tipe brute-force sekalipun. 

Selain itu, secara periodik gantilah password supaya semakin aman.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?