GuidePedia

0

Sukabumi adalah sebuah kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat, dengan ibukotanya yang juga bernama Sukabumi. Kota Sukabumi sendiri merupakan daerah dataran tinggi yang diapit oleh Gunung Gede dan Gunung Pangrango sehingga memiliki udara yang sejuk dengan suhu maksimum 29 derajat celcius.

Sukabumi konon berasal dari bahasa Sansekerta soeka yang berarti "suka, cinta" dan bhoemi yang berarti "bumi, tanah". Jadi bisa diartikan Sukabumi adalah "tanah yang disuka/dicinta". Selain keindahan kota Sukabumi, kamu juga dapat menjelajah dan menikmati tempat-tempat wisatanya yang tersebar di berbagai kecamatan Kabupaten Sukabumi. Kamu dapat menikmati beragam air terjun, danau, maupun pemandian air panasnya.



1. Selain menyegarkan badan, Mandi di Curug Cikaso juga akan menyegarkan matamu karena dia memiliki kolam yang berwarna hijau kebiruan di bawah air terjun

Air terjun Cikaso
Air terjun Cikaso via peepindonesia.com

Curug Cikaso adalah air terjun yang aliran airnya berasal dari Sungai Cikaso. Sebenarnya di lokasi ini terdapat tiga air terjun yang masing-masing memiliki nama berbeda. Dimana yang kiri bernama Curug Asepan, yang tengah Curug Meong, dan yang kanan, yang letaknya agak tersembunyi bernama Curug Aki.

Di bawah ketiga air terjun ini terdapat kolam yang berwarna hijau kebiruan yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang, maupun sekedar bermain air. Dengan tinggi yang mencapai 80 meter dan lebar tebing sekitar 100 meter, aliran air di kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud.

2. Kalau kamu ingin menikmati sensasi seperti di ngarai-ngarai jaman purba, kamu bisa pergi ke Curug Cigangsa
Air terjun berundak-undak
Air terjun berundak-undak via iingalhuzna.blogspot.com

Curug Cigangsa ini diperkirakan terbentuk karena adanya gempa yang cukup kuat sehingga menimbulkan longsor. Curug satu ini memiliki tiga tingkatan, dan bebatuan yang berwarna kehitaman. Namun sayang, debit airnya kecil karena di bagian hulunya dibendung untuk keperluan saluran irigasi. Namun meski begitu, kamu tetap bisa bermain air dan berfoto ria berlatanr belakang air terjun yang cantik ini.

3. Jika ingin menikmati sensasi zaman purba dengan bebatuan besar dan air terjun yang mengalir, kunjungi saja Curug Cimarinjung
Seperti di fil Jurassic Park
Seperti di fil Jurassic Park via anggajoe.blogspot.com

Meski tak memiliki aliran air yang deras, namun curug satu ini cukup fotogenic buat kamu yang hobi sekali hunting foto di lokasi-lokasi cantik. Tebingnya yang berwarna kecokelatan serta bebatuannya yang besar seakan mengingatkanmu pada ngarai-ngarai di Grand Canyon sana.

Dengan ketinggian tebing yang mencapai 45 meter, curug ini terletak di Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Meski di dalam foto terlihat cantik dan anggun, namun jika aliran airnya sangat deras, kamu harus tetap berhati-hati jika tak ingin hanyut terbawa aliran airnya.

4. Menikmati Pemandian air panas di Cipanas akan membuat hati dan pikiranmu terasa segar kembali setelah seharian beraktivitas
Mandi air panas
Mandi air panas via tempatwisataid.com

Pemandian air panas di Cipanas ini merupakan tempat favorit bagi warga Sukabumi dan sekitarnya. Pasalnya, air panas di wilayah ini memang sangat menggoda masyarakat untuk segera datang dan menikmati nyamannya berendam. Air panas yang memancar dengan cukup tinggi dari dalam tanah di sekitar sungai dan bebatuan ini juga dipercaya warga dapat menyembuhkan berbagai macam penyait kulit.

Letaknya yang hanya berjarak 15 kilometer dari Pelabuhan Ratu membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi pemerintah setempat sudah membangun beragam fasilitas seperti tempat penginapan, kolam khusus berendam, dan tentunya juga pondok-pondok tempat beristirahat.

5. Di Situ Sukarame, kamu dapat menikmati beningnya air danau dan tenangnya suasana pepohonan
Tenangnya suasana Situ
Tenangnya suasana Situ Sukarame via tempatwisataid.com

Situ Sukarame merupakan danau yang berada di kaki Gunung Salak. Tepatnya di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Situ satu ini merupakan tempat bertemunya 7 sungai, yakni sungai Cikahuripan, sungai Cisalada, sungai Citaman, sungai Cisarandi, sungai Cimaci, sungai Cipangelah, dan sungai Cisela. Pada awalnya, kawasan situ tersebut merupakan hutan belantara, sebelum akhirnya salah seorang warga Belanda membendung sungai, dan jadilah Situ Sukarame. Di situ satu ini kamu juga dapat menikmati sepeda air yang dikelola oleh pemerintah dan warga setempat.

6. Ketenangan di Situ Gunung akan bisa merambat kedalam dirimu, sehingga hatimu pun menjadi setenang seperti di danau ini
Tenangnya suasana danau
Tenangnya suasana danau via www.flickr.com

Jika ingin menghindar sejenak dari hiruk-pikuknya kota, kamu bisa berkunjung ke Situ Gunung, sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Disana, kamu bisa menikmati suasana alam yang tenang. Selain menikmati indahnya danau, kamu juga bisa kemping dan bermain dibawah guyuran air terjun yang bernama Curug Sawer. Dan jika memang niatmu untuk berkemah, jangan lupa lapor pada petugas setempat yang berada di pos penjagaan.

7. Jika kamu adalah penggemar olahraga arung jeram, kamu bisa berkunjung ke Sungai Citarik maupun Sungai Citatih
Arung Jeram
Arung Jeram via lokasi.nyarinyari.com

Kamu yang hobi arung jeram bisa menjajal serunya menikmati ganasnya aliran sungai di Sungai Citarik maupun Sungai Citatih. Sungai Citarik terletak di Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu. Sedangkan Sungai Citatih terletak di Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungkiara.

Namun jika kamu baru sekali ini berarung jeram, sebaiknya mencoba di Sungai Citarik dahulu yang memiliki medan tak terlalu curam. Pasalnya, kondisi di Sungai Citatih memiliki aliran air sungai yang sangat deras, dan sungainya juga lebih lebar daripada Sungai Citarik

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Sukabumi. Mungkin masih banyak sekali tempat-tempat wisata lain yang belum Aing sebutkan. Tak ada salahnya jika kamu menambahkan di kolom komentar. Jadi kapan nih kamu mau mengunjungi tempat wisata di Sukabumi? Siapa tahu ketika bervakansi, kamu ketemu mojang-mojang Sukabumi. Lumayan kan?


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?