GuidePedia

0

bentuk dan aromanya, orang sudah tahu jika kerupuk tersebut berasal dari Palembang. Kerupuk dari daerah ini terkenal karena gurih dengan rasa ikan tiada duanya.

Kerupuk asal Palembang punya cara masak, bentuk, dan aroma masing-masing. Si kriuk renyah dari Sumatera Selatan ini punya dua cara penyajian, yaitu dibakar dan digoreng. Karena nama, bentuk serta rasanya mirip, seringkali kita tertukar. 

1. Kemplang bakar

Namanya diambil dari cara pembuatannya. Kemplang sama dengan 'dipukul' untuk meratakan adonan kerupuk. Dulu, kerupuk kemplang dibuat dari daging ikan belida dan tepung tapioka. Namun, sekarang karena ikan belida sudah sulit didapat, kemplang biasanya terbuat dari ikan tenggiri. Kerupuk kemplang berbentuk bulat dan dimakan dengan sambal khusus. Karena dibakar, teksturnya jadi agak keras dan kenyal.


2. Kemplang kancing


Kemplang kancing ini biasa kita temui sebagai teman makan nasi. Bentuknya lebih kecil dari kemplang bakar, dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah. Kemplang kancing ini dibuat dengan cara digoreng dan banyak yang menjualnya dalam bentuk mentah sehingga kita bisa menggorengnya sendiri di rumah. Kemplang kancing ini juga dibuat dari ikan, yaitu ikan tenggiri, gabus, dan beledang.


3. Kerupuk keriting
Selain berbentuk bulat, kerupuk Palembang juga punya bentuk keriting bundar. Ada banyak nama untuk kerupuk ikan ini, diantaranya keriting, mawar, acak, dan sanggul. Sama seperti yang lain, kerupuk ini juga dibuat dari ikan. Kerupuk keriting ini dibuat dengan mesin dengan lubang kecil-kecil yang mengalirkan adonan kerupuk yang masih berbentuk cair kemudian membentuk pola dari kerupuk.


4. Pilus

Kerupuk Palembang jenis ini berbentuk bulat kecil-kecil. Jika dimasukkan ke mulut, bunyinya langsung renyah dan gurih. Pilus ini juga ada yang berbentuk bulat panjang dengan kerenyahan yang sama. Pilus enak dicampur dengan nasi untuk lauk maupun pendamping lauk. Ada banyak lagi bentuk kerupuk Palembang yang enak dan gurih, antara lain kerupuk usus, konde, mangkok, batok, belimbing, dan lain-lain.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?