GuidePedia

0

Racikan nasi sederhana khas Cirebon ini bisa bikin kangen. Tahu yang lembut dipadu irisan mentimun dan disiram bumbu kacang yang gurih pedas. Pastinya nasi rames ini bikin perut kenyang dan puas. Kalau kangen nasi lengko, mampirlah ke tempat ini.​

Hingga tanggal 7 Juni mendatang, Anda dapat menikmati beragam kuliner khas Indonesia di Kampoeng Tempo Doeloe, La Piazza Kelapa Gading. Dengan mengusung tema ​'​Pelabuhan Sunda Kelapa​'​, ​tersedia ​ dari 200 ​gerai untuk memuaskan selera.​ 

Selain dapat mencicip nasi ungu dan jajanan telur, Anda juga dapat mencicip sajian khas Cirebon yaitu nasi lengko. ​Selain nasi lengko ​yang sedap gurih, ​gerai​ ini juga menyajikan ayam goreng ​berbumbu​ sambal rawit yang pedas dan m​enyengat​. 

Melewati ​gerai nasi lengko, kamipun ​melihat proses mengulek cabai berwarna merah dan hijau yang mencolok. Ternyata booth yang menyajikan hidangan asal kota udang adalah dari Sagoo Kitchen.

Sega lengko atau biasa disebut dengan nasi lengko merupakan ​sajian nasi khas Cirebon. Racikan nasi ini memang sangat sederhana. Umumnya dinikmati sebagai menu sarapan dengan pelengkap kerupuk kanji yang renyah dan meriah. 

​Racikannya terdiri dari potongan tahu dan tempe yang digoreng setengah kering. Kemudian ditaruh di atas s​​epiring nasi hangat. ​Ditambah ​mentimun cacah, t​ao​ge rebus ditaruh ​lalu disiram ​saus kacang berwarna oranye kecoklatan. Yang tak boleh ketinggalan adalah pelengkap irisan daun kucai, kecap dan taburan bawang goreng yang menambah citarasa nasi lengk​o​. 

​Nasinya terasa pulen dengan paduan gurih tempe dan tahu serta renyah mentimun. ​Hanya saja bumbu kacangnya kurang ​mantap karena terlalu kental. ​Berbeda dengan daerah asalnya, di sini Anda dapat memilih nasi lengko yang dipadukan dengan ayam bledos dan kerupuk kanji

Dinamakan ayam bledos karena ayamnya diungkep dan digoreng kemudian dicampur dengan ulekan sambal ​sehingga 'mbledos' atau meledak-ledak. ​Sambalnya tidak diulek halus, melainkan hanya diulek kasar bahkan beberapa masih berbentuk potongan cabai rawit.​ ​Agar rasanya semakin sedap, penjual menambahkan bawang putih, bawang merah dan sedikit terasi.


Daging ayamnya terasa empuk hangat dengan bumbu ​bawang ​ yang meresap. ​Yang istimewa adalah sambalnya yang garang menyengat sehingga dijamin mulut 'mbledos' atau 'meledak' kepedasan.​

Seporsi nasi lengko Cirebon dibandrol dengan harga Rp 28.000, sedangkan untuk nasi ayam Bledos Rp 32.000 dan nasi lengko plus ayam bledos Rp 38.000.​ ​Untuk mencicip nasi lengko ini Anda dapat datang ke Kampoeng Tempo Doeloe pada hari Senin-Jum'at: 16.00-23.00 WIB, hari Sabtu, Minggu, libur nasional: 11.00 – 23.00 WIB.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?