GuidePedia

0

Jakarta - Ada baiknya melakukan beberapa penghematan agar bisa semakin sering liburan. Jangan salah, hal-hal kecil bisa berdampak cukup besar untuk tabungan traveling Anda. Berikut 4 tips menghemat agar bisa sering traveling.

Tak ada salahnya menghemat demi liburan. Jangan salah, menghemat bukan berarti harus menderita. Hal-hal kecil bisa berdampak besar dan signifikan untuk agenda perjalanan Anda. Dihimpun Aing, Rabu (10/6/2015), berikut 4 penghematan yang bisa dilakukan agar makin sering liburan:

1. Sisihkan dari uang gaji
Gaji dan kebutuhan tiap traveler berbeda-beda. Anda sendiri yang mengetahui jumlah ideal uang yang disisihkan untuk traveling. Bisa langsung banyak, bisa juga sedikit demi sedikit.

Namun yang terpenting, hal itu harus dilakukan secara rutin tiap bulan. Jika serius dan ingin menjadikan hal tersebut rutinitas, Anda juga bisa membuka rekening baru khusus bujet traveling. Yang harus diingat, bujet traveling memang sebaiknya dipisahkan dengan kebutuhan sehari-hari atau tabungan lainnya.

2. Kumpulkan recehan
Recehan, baik Rp 100, 200, 500, 1.000 sampai mungkin Rp 2.000, ada baiknya dikumpulkan di satu tempat. Konsepnya mirip celengan, namun tanpa paksaan. Begitu tiba di rumah, rogoh saku celana dan dompet Anda kemudian sisihkan recehan ke dalam celengan.

Tanpa terasa, celengan itu akan semakin penuh dan jumlahnya pasti di luar dugaan Anda. Sedikit banyak pasti membantu untuk menambal biaya perjalanan!

3. Menjual barang-barang tak terpakai
Nah, ini dia cara lebih instan untuk mendapatkan bujet liburan. Cobalah jual barang-barang yang tidak terpakai. Entah itu barang elektronik, pakaian, sampai aksesori dan pajangan.

Banyak situs yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjual barang. Begitu barang terjual, jangan lupa langsung masukkan ke dalam bujet traveling Anda. Jangan dipakai belanja lho ya!

4. Kurangi jajan
Tanpa disadari, jajan membuat Anda semakin boros. Cobalah menghemat dengan mengurangi jajan, lebih baik lagi jika Anda membawa bekal makanan dari rumah.

Sedikit banyak, hal itu akan sangat berpengaruh terutama jika Anda rutin melakukannya setiap hari. Lagipula, tak ada salahnya mencoba hidup lebih sehat bukan?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?