GuidePedia

1


Nama Roro Fitria belakangan ini cukup santer dibicarakan publik. Tidak hanya ramai membicarakan soal harta kekayaan Roro, namun juga media heboh mengupas ritual artis yang terkenal sebagai praktisi supranatural tersebut.

Ya, Roro Fitria memang merupakan sosok perempuan yang rajin melakukan ritual Kejawen (ritual orang Jawa kuno). Bahkan, ritual mistis dilakukannya sejak kecil sudah selama 13 tahun lebih untuk menjaga tradisi dan menghormati leluhur.

1. Bakar Dupa Menyan

Pada dasarnya, tradisi bakar menyan masih dilakukan sebagian orang Jawa hingga sekarang. Termasuk Roro Fitria, perempuan berdarah biru yang masih lekat dengan adat istiadat Jawa seperti bakar dupa atau menyan untuk berdoa seraya menghormati leluhurnya. Ritual mistis yang dilakukan Roro ini bukan semata-mata untuk mencari sensasi melainkan sudah menjadi bagian dari tradisi yang harus dilestarikan.


Bakar Dupa Menyan (c) instagram

Pun demikian saat Roro memamerkan batu “Kiyai dan Nyai Unduk” di ANTV beberapa waktu yang lalu. Tak lupa Roro membakar dupa. Kata model seksi tersebut, kamera tidak dapat dioperasikan sesaat selama 10 menit setelah mengambil gambar foto batu Kiyai dan Nyai Unduk.

2. Makan Bunga

Selama ini kita mengenal Suzanna sebagai artis yang sering melakukan ritual makan bunga. Ternyata, ritual yang sama juga dilakukan oleh artis kelahiran Yogyakarta 29 Desember 1987 tersebut pada malam Jumat Kliwon. “Ngaturaken dhaharan sekar setaman, dupo, menyan, kanthil, nglaku prihatos lahir batos kagem manunggalipun ritual Malam Jumat Kliwon. Matur sembah nuwun Kanjeng Gusti Allah SWT lan Kanjeng Gusti Nyai Roro Kidul,” tulis caption di foto instagram Roro.


Makan Bunga (c) instagram

Sebagian orang menganggap ritual tersebut sebagai menyembah berhala. Namun, tak sedikit juga yang menganggap apa yang dilakukan Roro ini sebagai bentuk menjaga adat istiadat dan tradisi Kejawen. Apalagi, Roro Fitria masih keturunan Keraton dan sudah sepatutnya jika dia melestarikan apa yang dilakukan oleh leluhurnya.

3. Mandi Kembang 7 Rupa

Selain makan bunga, Roro juga kerap kali melakukan ritual siram toyo kembang 7 rupa atau berendam di air yang bertabur kembang 7 rupa untuk menjaga kecantikannya seperti yang dilakukan sebagian wanita zaman dahulu. Ritual ini dilakukan Roro di malam-malam tertentu seperti malam Jumat Kliwon, malam Selasa Kliwon, dan malam weton dia sendiri. Atau bahkan, Roro juga melakukan ritual berendam di Air Sumur Bidadari di Bogor.


Mandi Kembang 7 Rupa (c) instagram

Mandi kembang 7 rupa selain sudah menjadi tradisi keluarga Keraton juga diyakini untuk menjaga kecantikan, terutama Roro Fitria yang merupakan seorang public figure yang selalu menjaga penampilan dari ujung kaki hingga ujung rambut. Cara mistis Roro ini tentu dibarengi dengan perawatan yang menghabiskan uang hingga ratusan juta.

4. Bertapa di Goa Panepen

Tak nanggung, pemeran film horor Bangkitnya Suster Gepeng ini juga melakukan ritual bertapa atau semedi. Hal ini dilakukannya karena Roro Fitria sejak kecil dan sudah diajarkan oleh keluarganya. Tak heran jika dia memiliki indra ke-enam yang dapat melihat hal-hal ghaib.


Bertapa di Goa Panepen (c) instagram

Saat melakukan ritualnya, Roro tidak memilih tempat sembarangan untuk bertapa. Salah satunya adalah Goa Penapen, goa yang menjadi tempat khusus bertapa selama satu hingga dua jam dalam malam-malam tertentu. Selain itu, dia juga melakukan ritual makan bunga kanthil setelah ada kelelawar yang melewati kepalanya.

Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?