GuidePedia

0

mobilwow - WOW ! Komponen Mobil ini 95 Persen Bisa Didaur Ulang

Produsen mobil dunia saat ini memang diketahui tengah berlomba untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh produsen mobil asal Jerman, BMW dengan produk mobil listriknya i3. Dimana selain tidak menghasilkan emisi, mobil ini pun memiliki komponen mobil yang bisa didaur ulang.

Menurut laman Autoevolution melansir, para pekerja dari BMW's Recycling and Dismantling Center di Jerman menunjukkan 95 persen komponen BMW i3 dapat didaur ulang. Artinya hanya sekira 5 persen dari bagian kendaraan yang tidak dapat digunakan kembali.

Sebagai langkah awal, seluruh bagian mobil listrik tersebut dibongkar, kemudian bodi yang terbuat dari carbon fiber reinforced polymer dan sasis yang sebagian besar dari bahan aluminium dapat dilebur lagi, dan selanjutnya digunakan untuk membuat barang lainnya.

Bukan hanya itu saja, istimewanya mobil ini baterai dapat digunakan untuk proyek lain, seperti pencahayaan umum dan kebutuhan lain yang membutuhkan tenaga listrik yang sesuai dengan dayanya. Khusus untuk bagian ini, pembongkaran dilakukan dengan teknik khusus sebelum akhirnya kembali dipakai.

Meski dikatakan aman untuk lingkungan, BMW belum menjelaskan lebih detail terkait apa saja 5 persen komponen yang tidak dapat didaur ulang itu.

Adapun BMW i3 dirancang sebagai kendaraan masa depan dengan menggunakan sebuah motor listrik berbaterai 22 KWh lithium-ion yang bisa menghasilkan tenaga setara 170 HP. Mesin dikombinasikan dengan transmisi single speed with fixed ratio.
Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?