GuidePedia

0


Beberapa apps, kaya Google tersedia gratis di iTunes Apps store dg syarat aboi punya sebuah Apple ID Inggris atau Amerika di iPad atau iPhone aboi. Begitu juga dengan iBooks dan podcasts , mereka mempunya geo restrictions yg ketat dan hanya tersedia buat pengguna iTunes yg  masuk menggunakan ID Apple dari negara yg sudah dibolehkan.

Caranya mah gampang. Aboi bisa bikin ID Apple lebih dari satu – misalkan satu dari Inggris dan satunya lagi dari Apps Store Amerika – dan nanti gampang kalo mau gonta-ganti di iTunes. Jadi misalkan kalo aboi lagi masuk di  Indonesia, aboi tinggal ganti ke Amerika store, login dg ID Apple Amerika aboi dan tinggal download  app yg gak mungkin tersedia di Indonesia Apps Store.


Tapi disinilah masalahnya. pasa boi bikin ID Apple yg baru, iTunes akan minta aboi buat memasukkan credit card dan alamat penagihan di negara bersangkutan. Dengan kata lain, aboi butuh sebuah credit card atau akun PayPal yg berbasis di Amerika untuk bikin sebuah ID Apple buat iTunes Store Amerika. Apple gak akan mengijinkan aboi membikin ID Apple tanpa memasukkan informasi pembayaran yg valid ( lihat screenshot atas).

Dengan begitu, aboi bisa pakai cara 'abu-abu' di iTunes untuk bikin ID Apple negara mana saja tanpaperlu pake credit card. Begini nih caranya :

Hidupkan iTunes di PC aboi dan keluarlah dulu dari ID Apple yg lagi digunain. Pilih Store di menu dan pilih Sign-out. 
Kemudain scroll ke bagian paling bawah di halaman iTunes, klik Change Country dan pilih satu dari daftar. 

Cara lainnya, aboi bisa ngeklik bendera negara buat pindah ke iTunes store negara lain.
 
Sekarang bukalah Apps Store dalam iTunes, pilih app apa saja yg gratis dan klik Getbutton buat download App itu.
 
iTunes sekarang akan mengarahkan aboi buat memasukkan ID Apple dan password. Jangan masukin ID Apple yg lagi aboi gunain sekarang, klik saja Create Apple ID button, setujuin the terms & conditions, masukkan alamat email & password dan minimum age

Proseslah ke layar Payments dan di sini aboi akan melihat sebuah pilihan baru yg berbunyi NONE (lihat screenshot bawah). Pilihlah opsi None, masukkan sebuah postal address palsu dan kirim buat bikin ID Apple baru yg valid di iTunes store negara yg aboi pilih tadi . 

Jika aboi udah punya ank-anak di rumah, aboi bisa gunain trick ini untuk bikin sebuah ID Apple terpisah dengan iPads, ID yg gak berhubungan dengan credit card aboi sehingga mereka gak akan bisa bikin accidental purchases.

Sebuah cara mudah buat bikin ID Apple baru

Jika aboi butuh sebuah ID Apple tapi gak berniat buat menggunakannya di iTunes store buat download apps, ada cara yg lebih mudah lagi. Pegi lah ke icloud.com, klik the Create Apple ID link dan pilihlah sebuah negara yg berbeda dari menu dropdown. ID Apple aboi akan terbikin secara instan, tapi kalo aboi masih mau nggunain buat downloadi iTunes nanti, aboi masih harus menyediakan informasi credit card.

Aboi kaga bisa bikin ID Apple karena masih di bawah umut

Setidaknya aboi musti berumur 13+ tahun untuk bikin ID di dalam iTunes. Kalo aboi salah ngisi tanggal lahir, iTunes akan emnolah untuk membikinkan ID Apple aboi dan berapa kalipun aboi akan mengulang, aboi akan selalu dapat pesan yg berbunyi “you cannot create an Apple ID because you do not meet the minimum age requirements.”

Ini sih kayaknya bug di iTune software tapi tenang aja boi, gampang diakalin. Buka Preferences di iTunes, ganti dengan Advanced tab dan pilihlah Reset Cache. keluar dari iTunes dan nyalakan browser Safari. Pergilah ke Preferences dan pas di Privacy, pilihlah “Remove all Website date” buat ngebersihin cache.

Bukalah iTunes lagi, cobalah download sebuah app dan seharusnya sih angsung bikin ID Apple aboi tanpa masalah. Makasih buat Mahendra uat  tipnya.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?