GuidePedia


Yi Long Pesawat Mata-mata Terbaru China
China memamerkan pesawat tanpa awak, Yi Long, untuk pertama kalinya. Biaya pembuatan pesawat tanpa awak ini diklaim lebih murah US$1 juta dibanding milik Amerika Serikat dan Israel.

Yi Long dipamerkan pada Air China Show pada Selasa 13 November 2012 di Zuhai. Yilong dibuat oleh institut pembuatan pesawat terbang Chengdu sejak 2005. Pesawat tanpa awak buatan China ini pertama kali diuji terbang pada 2008. Yi Long bisa digunakan untuk tugas sipil maupun dalam penyerbuan  militer.

Pesawat ini memiliki panjang 9,34 meter, rentang sayapnya mencapai 14 meter, dan beratnya lebih dari satu ton. Yi Long mampu terbang setinggi 5.300 meter dengan daya jelajah 4.000 kilometer, lebih dari 20 jam.

Yi Long memiliki bentuk yang mirip dengan pesawat mata-mata AS, MQ-9 Reaper, dengan mesin pendorong, V-tail, sayap yang panjang, dan bentuk badan pesawatnya. Pesawat ini juga dilengkapi dengan senjata rudal di bagian bawah sayap dan sensor elekto optik di bawah badan bagian depan pesawat.

China mengklaim pesawat mata-mata Yi Long ini telah siap memasuki pasar internasional. Namun, mereka tidak menyebutkan detil kesiapan mereka.

Beli yuk ?

 
Top