GuidePedia

Ketombe adalah kulit kering yang menjadi serpihan kecil bisa bersifat kering maupun berminyak. Ketombe dapat disebabkan oleh jamur, tumpukan kulit kering yang mati, atau tertinggalnya bahan kimia dari shampoo atau produk penataan rambut lainnya.

Ketombe ringan dapat diatasi dengan shampoo anti ketombe khusus, yang digunakan dengan cara mengoleskan shampoo ke kulit kepala, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibilas hingga benar-benar bersih.

Carilah Shampo Yang Mengandung :

1. Ketoconazole
Dapat menghilangkan ketombe yang disebabkan jamur.

2. Asam salisilat
Mengobati kulit terkelupas tetapi terkadang membuat kulit kering sehingga membuat kepala menjadi lebih gatal.

3. Sulfida Selenium
Memperlambat penumpukan sel-sel kulit mati dan jamur.

4. Tar
Memperlambat penumpukan sel kulit mati, tetapi dapat mengubah warna rambut menjadi pirang atau beruban.

5. Zinc pyrithione,
Ampuh menyerang jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Cara Mengurangi Ketombe Dengan Bahan Alami :

Pilihlah salah satu bahan yang cocok untuk kulit kepala anda, seandainya anda memiliki waktu cobalah satu persatu bahan alami dibawah ini, carilah yang cocok dengan kulit kepala dan rambut anda

1. Yogurt dan Lada
Yogurt dan lada telah lama dipakai untuk menghilangkan ketombe. Yogurt jika dipakai secara teratur bisa mengurangi pengelupasan kulit mati di kepala. Campurkan dua sendok teh lada hitam dan sedikit yogurt secara merata kemudian oleskan adonan ini ke atas kulit kepala sambil diikui dengan pijatan-pijatan halus. Biarkan adonan ini selama kurang lebih satu jam, setelah itu keramas dengan shampo hingga bersih.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Minyak zaitun pada dasarnya memiliki banyak manfaat dan bisa dipakai untuk pengobatan dari dalam dan luar. Anda bisa memanaskan minyak zaitun, jangan terlalu panas, cukup hangat-hangat kuku. Selanjutnya aplikasikan di atas kulit kepala anda dan pijat secara merata. Lakukan ritual ini setiap hari menjelang tidur dan bilas keesokan harinya. Jika anda melakukan ini secara teratur, ketombe akan berkurang.

3. Minyak Kelapa dan Perasan Lemon
Campurkan 1 sendok makan air lemon dengan 5 sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan ke atas kepala. Lemon memiliki kemampuan untuk mengurangi ketombe dan mengurangi terbentuknya sel-sel kulit mati. Ada yang mengatakan bahwa air lemon bisa membuat kita ubanan, padahal itu cuma mitos. Tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan korelasi antara uban dan air jeruk lemon. Silakan aplikasikan bahan ini ke atas kulit kepala secara teratur selama 20 menit setiap sesi. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Santan Kelapa, Nanas, Jeruk Nipis
Padukan beberapa bahan berupa santan dari setengah butir kelapa, dengan satu gelas buah nanas yang sudah di blender kemudian tambahakan perasan jeruk nipis ditambah satu gelas air kelapa. Aduk campuran tersebut hingga merata. Gunakan campuran tersebut pada kulit kepala anda selama lima hari sekali.

5. Cuka
Cuka tidak hanya bisa meningkatkan rasa masakan, namun juga bisa menghilangkan ketombe. Zat di dalam cuka yang berperan dalam hal ini adalah potasium. Tidak hanya memberantas ketombe, namun cuka juga bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Cuka bisa dibuat dari berbagai bahan makanan. Salah satu yang paling efektif untuk pengobatan ketombe adalah cuka sari apel. Anda bisa langsung mengaplikasikan cuka ke kulit kepala atau mencampurkannya dengan air untuk mengurangi konsentrasinya. Kemampuan lain yang dimiliki oleh cuka adalah membuka sumbatan-sumbatan di folikel rambut.

6. Baking Soda
Jika anda memiliki baking soda di rumah, anda juga bisa memakainya untuk mengatasi ketombe. Sama seperti bahan alami sebelumnya, baking soda juga mampu membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala. Silakan campurkan satu sendok teh baking soda dengan sampo kemudian pergunakan untuk keramas. Lakukan hal ini setiap kali anda keramas dan lihat hasilnya dalam beberapa hari ke depan.

7. Lidah Buaya
Di balik khasiatnya yang sangat banyak, ternyata lidah buaya juga menyimpan khasiat lainnya, yaitu untuk mengurangi ketombe. Belah satu pelepah lidah buaya kemudian peras gel-nya dan langsung oleskan ke ke rambut dan kulit kepala. Ini adalah perawatan yang efektif untuk semua masalah rambut, jadi silakan pergunakan secara teratur.

8. Garam
Garm bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit kepala. Ketika luka tidk lekas sembuh maka akan bertumpuk dan menjadi ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan garam untuk mencuci rambut. Taburkan dan gosok kulit kepala dengan garam secukupnya. Diamkan untuk beberapa saat sebelum membilasnya dengan shampo hingga bersih.

9. Jeruk Nipis dan Lemon
Jeruk nipis selain bermanfaat untuk menyehatkan rambut, ternyata bisa juga menghilangkan ketombe. Ambil 2 sendok makan jeruk nipis, kemudian usapkan pada kulit kepala. Selanjutnya remas-remaslah rambut dan kulit kepala anda. Siapkan segelas air dan tambahkan 1 sendok makan perasan lemon, lalu siramkanlah ke rambut anda. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini berulang ulang sampai ketombe benar-benar hilang.

10. Bawang Putih
Kupas dua siung bawang putih. Pastikan bawang putih telah bersih dari kulitnya. Masukkan kedua siung bawang putih ke dalam blender. Nyalakan blender dan cincang hingga halus. Jika tidak memiliki blender, cincang bawang putih menggunakan pisau tajam. Pindahkan bawang putih dari blender ke mangkuk kecil. Oleskan bawang putih cincang menggunakan jari ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan gerakan memutar. Pijatan akan merangsang pertumbuhan rambut. Biarkan bawang putih pada kulit kepala selama 60 menit. Setelah 60 menit, tanpa membersihkan bawang putih, oleskan 2 sendok makan minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat lagi dengan lembut. Kenakan topi mandi dan biarkan selama setidaknya enam jam. Setelah enam jam, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner lembut.

Tips Mencegah Munculnya Ketombe :

1. Keramas secara teratur.
Keramas secara teratur adalah cara termudah dan paling efektif untuk mencegah ketombe.

2. Berjemur di bawah sinar matahari.
Luangkan waktu setiap hari untuk berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Kulit tubuh membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan vitamin tertentu, tidak terkecuali kulit kepala. Mendapatkan sedikit sinar matahari setiap hari di kulit kepala akan membantu membuatnya tetap sehat, namun Anda harus berhati-hati untuk menghindari luka bakar akibat sengatan matahari.

3. Mengurangi penggunaan produk styling rambut.
Semua produk styling rambut, mulai dari gel hingga bentuk spray, ikut berkontribusi dalam produksi minyak di kulit kepala. Semakin banyak menggunakannya, maka semakin besar pula kemungkinan ketombe akan muncul di kulit kepala.

5. Mengurangi ketombe dengan bahan alami.
Beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah sampo yang berbahan dasar minyak pohon teh (tea tree oil) atau menambahkan suplemen zinc dengan dosis yang tepat ke dalam diet harian.

6. Menggunakan Sampo anti ketombe.
Anda dapat juga menggunakan sampo anti ketombe untuk mencegah munculnya ketombe yang bisa di beli di toko obat atau di toko swalayan bahkan di warung kecil.

7. Konsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur.
Dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur, berarti anda telah menjaga dan memelihara kesehatan tubuh anda secara menyeluruh. Hal yang perlu diingat selepas anda berolahraga, disarankan untuk keramas atau mencuci rambut anda agar keringat tidak semakin menumpuk yang dapat meningatkan produksi ketombe.

8. Kurangi stress.
Stress memiliki peranan besar yang menyebabkan timbulnya ketombe, stress membuat urat syaraf di sekitar kepala menjadi menegang tak hanya ketombe, masalah kerontokan rambut juga menyertai bila anda dalam keadaan jiwa yang tak terkendali dengan baik. Reflesikan sedikit fikiran anda sejenak dari rutinitas sehari-hari dengan melakukan pemijatan ringan dikepala. Pemijatan ringan juga dapat mereflesikan sel-sel kulit kepala anda menjadi lebih rileks dan melancarkan peredaran darah disekitar kepala.

Beli yuk ?

 
Top