GuidePedia


Lambung bisa dikatakan sebagai titik sentral kesehatan manusia. Jantung yang sehat merupakan manifestasi tubuh yang sehat. Pasalnya, sumber dari segala penyakit berasal dari lambung. Mengapa? Karena lambung adalah tempat menghisap sari-sari makanan.


Salah satu penyakit lambung yang kerap terjadi adalah penyakit maag. Penyakit ini mudah menyerang siapa saja, dari anak-anak sampaiorang tua. Penyebab rasa nyeri pada lambung diakibatkan oleh Gastroesophagal Reflux Disease. Salah satu penyebab GRD adalah gangguan fungsi lambung.


Orang yang sering terkena gejala GRD diperlukan untuk mengubah pola hidup dan pola makan. Hal ini dalam rangka menjaga kondisi pencernaan yang sehat dengan menghindari lemak jenuh dan asupan lemak berlebihan, terutama jika memiliki kelebihan berat badan. Sebab obesitas juga meningkatkan risiko GRD.


Mungkin lihat di bawah ini dapat membantu untuk menjaga lambung anda:


1. Jangan langsung tiduran atau berbaring setelah makan dan menghindari kebiasaan makan sebelum tidur. Pastikan waktu terakhir anda mengonsumsi makanan adalah dua jam sebelum tidur.
2. posisi tidur  sebaiknya miring ke kiri. Posisi lambung menjadi lebih tinggi dari kerongkongan, jika miring ke kanan.
3. Mengurangi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, coklat, juga mint. Bahkan kopi yang tidak mengandung kafein (decaf) pun dapat meningkatkan produksi asam lambung. Menghindari minuman bersoda juga perlu.
4. Menerapkan diet yang kaya akan buah dan sayur, tetapi hindari buah dan sayur yang sifatnya asam seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan nanas.


Bila lambung anda bermasalah, maka kesehatan anda juga akan ikut bermasalah karena lambung memiliki fungsi menyerap energi makanan sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. Makanan adalah faktor utama penyakit lambung. Oleh karena itu, rawatlah lambung anda setiap saat.

Beli yuk ?

 
Top