GuidePedia



Impresif dan mengagumkan! Begitulah komentar orang-orang saat melihat video yang mempertontonkan ABG bernama Timothy Doner berbicara dalam 20 bahasa. Dalam video yang diupload bulan Juni 2012 itu, Tim yang berasal dari Amerika Serikat itu berbicara dalam 20 bahasa secara medley. Dia menceritakan tentang dirinya, tentang kegiatannya sehari-hari dengan berbagai macam bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Berikut ini bahasa yang dipakai Tim untuk bercerita: English, French, Hausa, Wolof, Russian, German, Yiddish, Hebrew, Arabic, Pashto, Farsi, Chinese, Italian, Turkish, Indonesian, Dutch, Xhosa, Swahili, Hindi, Ojibwe. Tim mengaku menguasai bahasa-bahasa tersebut dalam level yang berbeda. Ada yang sudah mahir seperti bahasa Prancis, dan ada yang masih belum lancar.

"Saya dalam tingkatan yang berbeda dalam setiap bahasanya," tuturnya.

Dengan pengucapan yang terbata-bata, bahkan lebih mirip logat melayu, Tim berbicara soal pengalamannya makan Nasi Lemak. Dan niatannya untuk belajar bahasa Sunda.

"Aku sedikit tentang sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia di musim panas. Tapi aku sekarang mau mempelajari Bahasa Sunda atau Bahasa Melayu karena itu bahasa sangat mirip," tuturnya.

"Oh tadi malam aku pergi ke restoran Malaysia dan aku makan nasi lemak. Nasi lemak yang adalah nasi dengan kelapa dan pandan. Aku tak tahu kalau orang-orang Indonesia makan masakan ini tapi itu sangat enak," lanjutnya.

Selain Tim masih ada orang-orang yang bisa berbicara belasan bahasa unjuk gigi lewat Youtube. Hanya saja umur mereka jauh lebih tua dibanding Tim. Kemampuan Tim ini juga menjadi perbincangan orang-orang di Tanah Air lewat forum-forum online. Orang dengan kemampuan seperti Tim ini disebut polyglot.


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top